Awas! Ini 5 Dampak Buruk pada Kesehatan Tubuh Dibalik Terlalu Sering Konsumsi Kopi

Awas! Ini 5 Dampak Buruk pada Kesehatan Tubuh Dibalik Terlalu Sering Konsumsi Kopi

dampak negatif terlalu banyak mengonsumsi kopi-Chevanon Photography-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kopi saat ini menjadi minuman yang sangat populer dan selalu menjadi pilihan utama untuk menemani aktivitas sehari-hari. Kopi aman dikonsumsi jika dalam jumlah relatif rendah hingga sedang.

Namun jika meminum kopi dengan kafein berdosis tinggi akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Meski begitu, dampak buruk akibat mengonsumsi kopi terlalu sering dapat dialami berbeda-beda setiap orang. Dilansir dari beberapa sumber, berikut dampak buruk meminum kopi terlalu sering pada tubuh.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Tak Gabung Golkar, Maman: Kita Happy-happy Saja

BACA JUGA:Terkuak! Alasan Ayu Ting-ting Masih Betah Jadi Janda: Aku Bingung di Umur Berapa Bilqis Buka Hatinya

1. Kecemasan

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengatasi rasa kantuk. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi kopi, justru dapat mengakibatkan kecemasan dan kegelisahan.

2. Gangguan Tidur

Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membantu menjalankan sistem fokus, sehingga konsentrasi dapat meningkat dan menghilangkan adenosin yakni senyawa kimia yang bisa memicu kantuk. Dengan asupan kafein yang terlalu banyak tersebut, sehingga dapat mengakibatkan insomnia dan kesulitan tidur.

BACA JUGA:Awas Bahaya Asap Rokok pada Janin, Sebabkan Cacat Fisik Hingga Organ Rusak!

3. Masalah Pencernaan

Mengonsumsi kopi setiap hari juga dapat mengakibatkan berbagai masalah pencernaan, seperti sakit perut, nyeri ulu hati dan muntah. Jika dikonsumsi setiap hari atau berlebihan, kopi bisa menyebabkan Anda mengalami diare, sakit maag, atau penyakit asam lambung (GERD).

4. Hipertensi

Kandungan kafein pada kopi dapat memblokir hormon yang membuat pembuluh darah melebar, hal ini akan menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah akan meningkat. Untungnya, efek kafein pada tekanan darah bersifat sementara, Kendati demikian kamu perlu berhati-hati jika sudah memiliki gangguan tekanan darah yang tinggi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: