Redakan Gejala Asam Lambung Dengan Bantuan 4 Makanan/Minuman Ini

Redakan Gejala Asam Lambung Dengan Bantuan 4 Makanan/Minuman Ini

Makanan dan Minuman yang Bantu Redakan Gejala Asam Lambung-cottonbro-Pexels.com--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Penderita asam lambung tentunya sudah tau persis denga napa yang boleh dan tidak boleh untuk dimakan dan diminum.  

Akan tetapi jika semua makanan dilarang untuk dimakan, pastinya akan sangat membosankan. Jadi, apakah ada sesuatu yang bisa Anda makan dan minum dengan porsi yang lebih banyak? Untungnya, jawabannya adalah ada!

Asisten profesor kedokteran klinis di Touro College Of Osteopathic Medicine di New York menyebut bahwa makan makanan yang lebih besar dari rata-rata dapat menyebabkan perut Anda membesar.

Kemudian pasti Anda membutuhkan lebih banyak asam untuk memecah semua isinya, memberi lebih banyak tekanan pada sfingter.

Selain itu jika seseorang langsung berbaring (tiduran) setelah makan atau minum bisa menjadi pemicu? Asam dapat lebih mudah mengalir kembali ke tenggorokan Anda, menyebabkan rasa asam di mulut, mulas, batuk, atau bahkan post-nasal drip.

Maka dari itu sebabnya, jika Anda rentan terhadap refluks, para ahli merekomendasikan makan lebih kecil, lebih sering dan menunggu beberapa jam sebelum tidur setelah makan (atau meninggikan tempat tidur Anda untuk menuai manfaat gravitasi).

...

Melansir dari laman Prevention, berikut 4 makanan dan minuman yang dapat membantu redakan gejala asam lambung.

 

Buah-buahan rendah asam

Bukan rahasia lagi bahwa buah-buahan yang sangat asam seperti jeruk, jeruk bali, atau beri dapat memperburuk refluks. Itu sebabnya Foroutan menyarankan untuk memilih buah-buahan yang lebih ringan yang dapat membantu menjaga semuanya berjalan dengan baik, seperti pisang dan melon.

“Makanan yang mudah dicerna, tetapi juga tinggi serat, adalah kombinasi yang sangat bagus untuk pencegahan refluks,” kata Foroutan. “Buah itu enak karena sebagian besar terdiri dari air dan bergerak melalui perut dengan cepat.”

 

Pati hambar

Diremendasikan biji-bijian yang hambar seperti oatmeal karena mengandung serat yang tinggi. Oatmeal mungkin sangat kuat, karena teksturnya yang kental dan seperti agar-agar membantu menutup sfingter esofagus, sehingga Anda tidak memiliki banyak asam yang terciprat, tambah Dr. Sonpal.

Dia mengatakan bahwa oatmeal cenderung menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami refluks asam dengan kopi pagi mereka karena menyeimbangkan minuman yang sangat asam.

Ini adalah pilihan yang dingin dan lembut yang dapat membantu melawan keasaman lambung. Dr. Sonpal mengatakan susu, es krim, dan yogurt sering digunakan sebagai pilihan dasar (dalam skala asam) untuk mengatasi asam lambung dan meredakan ketidaknyamanan, kecuali jika Anda memiliki intoleransi susu atau alergi, tentu saja.

BACA JUGA:Hindari Makan/Minuman Ini Bagi Penderita Radang Sendi

+++++

Kalsium yang ditemukan dalam produk susu dapat membantu memicu sfingter esofagus bagian atas untuk menutup, yang Anda inginkan untuk menghentikan refluks asam. Pilih yogurt tanpa pemanis, dan pertimbangkan untuk tetap menggunakan produk susu rendah lemak atau non-lemak.

 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti zucchini dan okra menenangkan usus karena mengandung lendir, zat berlendir yang terjadi di luar tubuh. sayuran saat dimasak yang bisa meredakan ketidaknyamanan perut, kata Foroutan.

Perhatikan saja bahwa Dr. Sonpal menyarankan untuk menghindari sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel. Ini dapat menyebabkan gas ekstra dan dapat membuat Anda bersendawa, memicu gejala refluks.

 

Sumber:

(edited)