Gak Nyangka! 4 Manfaat ini Bisa Anda Rasakan Saat Memajang Tanaman ini di Ruang Kerja, Kok Bisa ya?

Gak Nyangka! 4 Manfaat ini Bisa Anda Rasakan Saat Memajang Tanaman ini di Ruang Kerja, Kok Bisa ya?

Penelitian tersebut pun mengukur tingkat stres psikologis pada peserta dengan menggunakan State-Trait Anxiety Inventory.

BACA JUGA:Ucapkan PPKM Strategi Komunis, Ferdinand 'Semprot' Ustad Yahya Waloni dan Sebut Omongannya Sampah!

"Rasio peserta yang denyut nadinya menurun secara signifikan setelah istirahat tiga menit dengan interaksi dengan tanaman meja mereka terbukti pasti," kata penelitian tersebut.

Dalam penelitian itu, tanaman yang digunakan pun dipilih dan dirawat oleh peserta langsung, meskipun mereka bisa memilih merawat atau hanya melihat tanamannya. Alhasil kedua tindakan itu mampu menenangkan peserta secara signifikan.

+++++

Mengubah suasana kerja

Tanaman tak hanya dapat membantu mengurangi stres tetapi juga dapat mengubah seluruh suasana di dalam ruang kerja.

The American Society for Horticultural Science menerbitkan sebuah studi tentang manfaat psikologis dari tanaman hias indoor atau dalam ruang.
Dalam studi tersebut disebutkan bahwa tanaman dalam ruangan dipandang sebagai fitur lingkungan yang mampu menarik perhatian.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Jumat 16 Juli 2021, Keuangan dan Karier Bintang ini 'Parah Banget'

Sekaligus dapat membangkitkan emosi positif yang masing-masing dapat mendorong pembaruan kapasitas untuk berkonsentrasi dan mengganggu proses stres.

Memperbaiki kualitas udara

Perabotan-perabotan yang ada di kantor seperti pendingin udara, pengharum ruangan, peralatan kebersihan berkontribusi pada buruknya udara kantor.

Bagi orang yang menghirup udara dengan kualitas tak baik akan mengalami beberapa masalah seperti sakit kepala, pusing, hingga masalah pernapasan dan kelelahan.

Tanaman yang diletakkan di dekat meja, dapat membantu memurnikan udara yang ada di sekitarnya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Fraser Torpy dari Universitas Sydney membuktikan bahwa meletakkan tanaman dalam ruangan dapat membantu mengurangi tingkat karbondioksida sekitar 10 persen di kantor ber-AC dan 25 persen di gedung tanpa AC.

Tanaman juga terbukti mampu menghilangkan bahan kimia seperti benzene, trichlorethylene, dan formaldehyde dari udara.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: