Simak! 5 Obat Alami Sembuhkan Batuk, Ternyata Mudah Didapat

Simak! 5 Obat Alami Sembuhkan Batuk, Ternyata Mudah Didapat

Simak! 5 Obat Alami Sembuhkan Batuk, Ternyata Mudah Didapat. -Freepik/jcomp----

Jika batuk disertai tenggorokan gatal, cobalah untuk berkumur dengan air garam. Anda cukup campurkan ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur.

Air garam dapat meredakan tenggorokan yang gatal sekaligus bersifat sebagai antiseptik, sehingga batuk dapat teratasi atau hilang.
Meski mampu meredam batuk, obat batuk alami sederhana ini tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada anak berusia di bawah 6 tahun. Di usia itu, anak belum bisa berkumur dengan baik.

4. Daun mint

Kandungan mentol dalam daun mint (peppermint) dapat membantu melegakan tenggorokan yang gatal. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mengonsumsi teh daun mint saat batuk.
Selain itu, Anda juga dapat menghirup uap daun mint menggunakan humidifier atau sebaskom air hangat. Jika Anda menggunakan baskom, teteskan beberapa minyak esensial daun mint ke dalam baskom berisi air panas. Posisikan kepala Anda di atas baskom dan tutup kepala dengan handuk. Lalu hiruplah uap panas daun mint.

BACA JUGA:Simak, ini Cara Dapatkan Kualitas Tidur yang Baik

++++

5. Nanas

Cara lain yang bisa ditempuh untuk meredakan batuk adalah dengan mengonsumsi buah nanas. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan bromelain yang terdapat pada buah ini bermanfaat untuk meredakan batuk dan mengencerkan lendir di tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat nanas sebagai obat batuk alami sederhana, cobalah untuk mengonsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari.

Tidak hanya kelima bahan tersebut, kunyit dan daun thyme juga diyakini dapat meredakan batuk yang Anda derita.

Kendati, jika dalam 2 minggu batuk tak kunjung sembuh, konsultasikan ke dokter paru untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
Batuk yang tak kunjung sembuh bisa menjadi tanda adanya penyakit serius.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: