Tercemar Limbah, Banyak Ikan Mati di Aliran Kali Baru Jakarta Timur

Tercemar Limbah, Banyak Ikan Mati di Aliran Kali Baru Jakarta Timur

Diduga Akibat Tercemar Limbah Rumah Tangga, Banyak Ikan Mati di Sungai Kali Baru-Illustrasi Limbah Sungai-


Diduga Akibat Tercemar Limbah Rumah Tangga, Dinas Lingkungan Hidup Mendapati Banyak Ikan Mati di Sungai Kali Baru|Illustrasi Limbah Sungai

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mendapati banyaknya ikan mati di aliran Kali Baru, Jakarta Timur.

Subkoordinator Urusan Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat Dinas LH DKI Yogi Ikhwan mengatakan, pihaknya bakal menyelidiki kandungan air sungai itu.

"Kami mengirim tim untuk mengambil sampel airnya untuk dianalisa di Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah," kata dia dalam pesan teksnya, Senin, 11 Juli 2022. 

BACA JUGA:Waduh! Pertamina Dikabarkan Kembali Naikkan Harga BBM, Segini Harganya

BACA JUGA:Waduh! Amerika Serikat Mulai Khawatirkan Kondisi Fisik Joe Biden, Apa Penyebabnya?

Ikan mati itu ditemukan di depan RT 001, RW 08 Kelurahan Tengah aliran Kali Baru. Ikan-ikan tersebut, menurut Yogi, terbawa arus mengarah ke utara.

Dia berujar, petugas menyambangi langsung lokasi ikan pagi ini pukul 07.20 WIB. Dinas masih menyelidiki penyebab kematian ikan. Petugas akan menganalisis terlebih dulu kandungan air. "Agar mengetahui penyebabnya," ujar Yogi. 

Sebelumnya, akun Instagram @jakarta.terkini mengunggah video yang memperlihatkan banyaknya ikan sapu-sapu mengapung di aliran sungai berwarna cokelat keruh. Ikan diduga mati akibat tercemar limbah. 

++++

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat mengelola air limbah rumah tangga masing-masing sebelum dibuang untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Wagub DKI itu mengatakan air limbah harus diolah sebelum dibuang ke saluran air untuk menjaga kualitas air di perairan Jakarta.   

BACA JUGA:Pasangan Ganda Bulutangkis Indonesia Fajar dan Alfian Optimis Juara di Singapore Open 2022

BACA JUGA:Fadli Zon Parodikan Lagu Naik-naik ke Puncak Gunung: Rakyat Sengsara atau Bahagia?

"Jika tidak diolah, seluruh perairan bisa tercemar air limbah rumah tangga," kata Wagub Riza di akun instagram pribadinya @arizapatria di Jakarta, Sabtu 19 Februari 2022.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber