Reshuffle Kabinet dan Makan Siang di Rabu Pahing, Apa Maknanya?

Reshuffle Kabinet dan Makan Siang di Rabu Pahing, Apa Maknanya?

Presiden Jokowi mengundang para ketua umum partai politik menjelang perombakan atau reshuffle kabinet. Siang ini 15 Juni 2022, Presiden Jokowi akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri pada Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024.-Setpres/Muchlis Jr-

Masalah kedua yang harus diselesaikan adalah Sekretaris Dewan Pertimbangan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu adalah mempercepat proses sertifikasi tanah.

"Program sertifikasi tanah akan terus dilanjutkan juga semaksimal mungkin menjelang Pak Jokowi selesai masa periode keduanya ini, tahun 2024," imbuh Raja Juli.

Menurut Raja Juli, salah satu masalah utama adalah mafia tanah dan Presiden Jokowi mendorong supaya ada proses transparansi dalam semua proses.

"Karena sekali lagi kepemimpinan Presiden Jokowi adalah kepemimpinan yang melayani. Oleh karena itu, proses yang 'simple', yang transparan, proses yang melayani, itu menjadi pesan Pak Jokowi yang nanti akan dieksekusi secara langsung oleh Pak Menteri dan saya akan membantu mengeksekusi-nya," jelas Raja Juli.

Presiden Jokowi diketahui beberapa kali sudah melakukan langkah politik terkait susunan kabinet pada Rabu pon maupun Rabu pahing.

Presiden Jokowi pertama kali merombak kabinetnya pada Rabu pon, 12 Agustus 2015. Setahun kemudian, "reshuffle" kabinet terjadi lagi pada Rabu pon, 27 Juli 2016.

Selanjutnya pada 17 Januari 2018, Presiden Jokowi kembali merombak kabinetnya. Ketika itu perombakan kabinet bukan terjadi pada Rabu pon, melainkan pada Rabu pahing.

"Reshuffle" kabinet kembali dilakukan pada Rabu pahing, 15 Agustus 2018.

Kemudian Presiden Jokowi mengumumkan enam orang menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa pahing, 22 Desember 2020, namun pelantikan tetap dilakukan pada Rabu pon, 23 Desember 2020.

Rabu disebut sebagai hari weton Presiden Jokowi yang lahir di Solo pada Rabu, 21 Juni 1961. Karena dianggap sebagai hari baik, Presiden Jokowi kerap mengambil keputusan penting pada hari Rabu.

Lalu Apa lagi yang akan terjadi pada hari Rabu di masa mendatang?

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: