Hasil Sidang Isbat Terjadi Perbedaan? Ini Penjelasan Menag

Hasil Sidang Isbat Terjadi Perbedaan? Ini Penjelasan Menag

Menteri Agama Yaqut Cholil Choumas Larang ASN Kemenag Ikut Partisan Pemilu 2024-Gus Yaqut-Twitter


Menteri Agama Yaqut Cholil Choumas telah mengumumkan bahwa 1 Ramadan 1443 hijriah jatuh pada 3 April 2022 ||Twitter Gus Yaqut

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pemerintah Indonesia menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah sebagai Minggu 3 April 2022.

Keputusan awal puasa dicapai dalam rapat isbat (konfirmasi) pada hari Jumat.

“Keputusan sidang isbat tidak ada perbedaan. Setuju dan tetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Minggu (3 April 2022),” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 1 April 2022.

BACA JUGA: Daftar Barang dan Jasa yang Bebas Pajak Usai PPN Naik 11 Persen

Berdasarkan hasil pantauan hilal dari 101 titik di 34 provinsi, tim pemantau tidak melihat hilal sesuai dengan prasyarat yang ditetapkan menteri agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS). , yaitu ketinggian hilal 3 derajat dengan pemanjangan 6,4 derajat, ungkapnya.

"Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia berada pada posisi 1 derajat 6,78 menit hingga 2 derajat 10,02 menit. Ini posisi hilal berdasarkan perhitungan," kata menteri.

Sidang isbat dihadiri sejumlah perwakilan dari ormas keagamaan, astronom, dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA: Daftar Titik Lokasi Kamera Tilang Online di Jalan Tol

Kementerian Agama telah memberlakukan pembatasan peserta sidang dan seluruh perwakilan yang hadir wajib mengikuti protokol kesehatan.

Selain itu, pelaksanaannya dilakukan baik secara online maupun offline dan masyarakat dapat menyaksikan langsung di laman media sosial resmi Kementerian Agama.

Sidang isbat dimulai pada Jumat pukul 17.00 WIB dan diakhiri dengan penetapan puasa awal tahun ini.

BACA JUGA:Anda Menyusui Saat Puasa? Tenang, Kualitas ASI Akan Tercukupi untuk Si Buah Hati

Kegiatan diawali dengan pemaparan terbuka tentang posisi bulan sabit (hilal), berdasarkan data astronomis yang diberikan oleh para ahli.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: menag