SAH! DPR Resmi Setujui Draf Revisi PKPU Pilkada yang Memuat Putusan MK

SAH! DPR Resmi Setujui Draf Revisi PKPU Pilkada yang Memuat Putusan MK

Revisi PKPU Pilkada-@dpr_ri-Instagram

Adapun salah satu poin utama perubahan PKPU itu yakni Pasal 11 ayat (1), yang percis dengan draf yang bocor sebelumnya.

Partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik peserta pemilu dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu anggota DPRD di daerah yang bersangkutan dengan ketentuan:

1) Provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap sampai dengan 2 juta jiwa, partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh suara sah paling sedikit 10 persen di provinsi tersebut.

2) Provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 2 juta jiwa sampai dengan 6 juta jiwa, partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh suara sah paling sedikit 8,5 persen di provinsi tersebut.

BACA JUGA:Pakar Telematika Pastikan Keaslian Video Syur Azizah Salsha: Asli Bukan Rekayasa

3). provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 6 juta jiwa sampai dengan 12 juta jiwa, partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh suara sah paling sedikit 7,5 persen di provinsi tersebut.

4) Provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 12 juta jiwa, partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh suara sah paling sedikit 6,5 persen di provinsi tersebut."

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: