Awas Microsleep! Pemicu Banyaknya Kecelakaan Saat Mudik

Awas Microsleep! Pemicu Banyaknya Kecelakaan Saat Mudik

Bahaya microsleep-freepik-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID Microsleep adalah kondisi di mana seseorang secara tiba-tiba dan tanpa disadari tertidur selama beberapa detik atau bahkan fraksi detik, meskipun mereka masih dalam keadaan sadar. 

Ini bisa terjadi saat seseorang sedang terjaga dan melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi, seperti mengemudi atau bekerja. 

Meskipun durasinya singkat, microsleep dapat sangat berbahaya, terutama jika terjadi saat melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan tinggi. 

BACA JUGA:Makan Buah Alpukat Setiap Hari Buat Tubuh Semakin Sehat? Penelitian Ungkap Hasilnya

Selama microsleep, otak masuk ke dalam periode tidur yang singkat, mengakibatkan penurunan kesadaran dan responsifitas yang signifikan. 

Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan serius, terutama jika terjadi saat mengemudi atau melakukan pekerjaan risiko tinggi yang memerlukan tingkat fokus yang baik.


Makanan atau Minuman yang Bikin Cepat Ngantuk-Shane-Unsplash

Salah satu kecelakaan yang paling tersorot akibat adanya microsleep adalah kecelakaan yang terjadi pada bus Rosalia Indah.

Di Tol Batang, pada kilometer 370, Bus Rosalia Indah mengalami kejadian tragis yang merugikan banyak pihak.

BACA JUGA:Makanan Lebaran Bikin Perut Buncit? Ini Cara Atasinya

Menurut penyelidikan polisi, kecelakaan yang merenggut nyawa tujuh orang tersebut diduga dipicu oleh sopir bus yang mengalami kondisi microsleep. 

Hal ini dijelaskan langsung oleh Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan.

"Keterangan dari saksi terutama pengemudi ini mungkin keterangannya adalah dari awal sudah kelelahan jadi kemungkinan, ini kemungkinan terjadi microsleep sehingga terjadi kecelakaan tunggal," katanya di RSI Weleri, Kendal, dikutip pada hari Minggu, 14 April 2024.

Hal ini mengungkapkan betapa pentingnya kesadaran akan risiko kelelahan dalam berkendara, mengingat dampaknya yang tak terduga dan berpotensi mematikan. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: