Berapa Liter Beras untuk Membayar Zakat Fitrah 2024? Simak Pembahasannya

Berapa Liter Beras untuk Membayar Zakat Fitrah 2024? Simak Pembahasannya

literan berzakat-trasnaha-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Berapa liter beras yang dibutuhkan untuk membayar zakat fitrah 2024? jika kamu masih bingung, yuk simak ulasan berikut.

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim, baik itu laki-laki ataupun perempuan pada bulan Ramadhan.

Zakat fitrah harus dilakukan oleh umat muslim sebelum sholat idul fitri berlangsung, sebaiknya Anda sudah mulai membayar zakat dari sekarang agar tidak terlewatkan.

BACA JUGA:Gerhana Matahari Total Bakal Terjadi di Wilayah Bumi Sebelum Idul Fitri?

Menurut penjelasan dari Ustadz Adi Hidayat, zakat fitrah yang wajib dikeluarkan setara dengan satu sho' berdasarkan hadits shahih, dan kemudian disesuaikan dengan beras sebagai makanan pokok di Indonesia.

Ustadz Adi Hidayat juga menyampaikan bahwa tujuan dari zakat fitrah, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits Nabi SAW, adalah untuk membersihkan diri dan mensucikan diri selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Selain menjadi bagian mensucikan diri setelah menjalani ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dipahami sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang kurang mampu.

Ini adalah cara untuk berbagi kebahagiaan dan kesuksesan di hari raya dengan semua orang, termasuk mereka yang hidup dalam keterbatasan dan kekurangan, terutama kaum miskin.

BACA JUGA:Bos Besar Lion Air Sebut Dana Segar IPO Sebesar Rp7 T Terlalu Kecil: Tidak Jadi Prioritas Utama!

Sebagaimana dijelaskan Hadits riwayat Ibnu ‘Umar berikut:

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى ، وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلاَةِ

”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan untuk dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat Id.” (HR. Bukhari, no. 1503 dan Muslim, no. 984)

"Sho' itu batas ukurannya empat mud, satu mud adalah kira-kira ukuran standar tangan orang dewasa sebagaimana menengadah dalam keadaan berdoa, lalu dituang kurma atau gandum ke tangan itu," ungkap Ustadz Adi Hidayat dilansir dari kanal youtube Adi Hidayat Official.

BACA JUGA:Sering Kesiangan Kelewat Sahur? Begini Tips Bangun Pagi yang Efektif!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: