Soal Peluang Lebaran Tahun 2024 Muhammadiyah dan NU Serentak, Begini Pernyataan BMKG

Soal Peluang Lebaran Tahun 2024 Muhammadiyah dan NU Serentak, Begini Pernyataan BMKG

Peluang Lebaran Tahun 2024 Akan Serentak, Begini Pernyataan Dari BMKG--bmkg

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Lebaran Idulfitri 2024 memiliki potensi untuk diselaraskan oleh Pemerintah, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah karena kondisi hilal atau Bulan penanda awal hijriah telah memenuhi syarat bagi setiap pihak.

Hal ini terungkap dalam Informasi Prakiraan Hilal saat Matahari Terbenam pada Tanggal 9 April yang Menentukan Awal Bulan Syawal 1445 H dari Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Timekeeping Agency Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Dalam menentukan awal bulan hijriah, termasuk bulan Ramadhan dan Syawal, Pemerintah-PBNU mengikuti kriteria MABIMS. Sementara, Muhammadiyah menggunakan kriteria wujudul hilal. 

Di sisi lain, Muhammadiyah tetap menghitung bulan baru selama tinggi hilal sudah melewati 0 derajat.

BACA JUGA:5 Ramalan Shio Hari Ini Rabu, 20 Maret 2024: Ayam Akan Dapat Kabar Baik Terkait Finansial?

Perbedaan penentuan awal bulan hijriah seringkali memicu perbedaan dalam menetapkan hari besar Islam, seperti awal Ramadhan 2024. 

Namun, berdasarkan prediksi BMKG, perbedaan ini kemungkinan tidak akan terjadi pada Idulfitri 2024. 

BMKG menghitung prakiraan hilal penentu Syawal ini berdasarkan kondisi saat konjungsi atau ijtimak, yakni saat Bulan mengelilingi Bumi satu putaran penuh, pada tanggal 9 April sebelum magrib. 

Hasilnya, semua kriteria hilal sudah memenuhi angka minimal MABIMS. Prediksi Idulfitri versi pemerintah diprediksi jatuh pada hari berikutnya, sama dengan Muhammadiyah.

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Antariksa (BRIN) Thomas Djamaluddin menambahkan bahwa prediksi tinggi bulan di Jakarta pada 9 April mencapai 6,3 derajat dengan elongasi 8,9 derajat. 

"Sehingga Idulfitri diprediksi jatuh pada tanggal 10 April," ujar dia, di kantor BRIN, Jakarta.

Berikut adalah rincian prediksi kriteria hisab saat Matahari terbenam pada 9 April 2024 menurut BMKG Ketinggian hilal adalah sudut dari posisi proyeksi Bulan di horizon sampai pusat piringan Bulan. 

Tinggi Hilal yang positif menunjukkan bahwa hilal berada di atas horizon saat Matahari terbenam. Hasil hisab BMKG menunjukkan ketinggian hilal di Indonesia.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: