Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Nelayan Diminta Hati-hati!

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Nelayan Diminta Hati-hati!

WASPADA! Gunung Anak Krakatau Erupsi Ketinggian Abu Vulkanik Hingga 500 Meter!-ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan bahwa anak gunung krakatau mwngalami kenaikan aktivitas

Gunung Anak Krakatau tercatat paling intensif mengalami erupsi sebanyak 5 kali mulai pukul 06:26 WIB

Tinggi kolom letusan dari Gunung Anak Krakatau mencapai ±1500 meter di atas puncak, seperti yang diamati oleh CCTV PVMBG.

BACA JUGA:Firli Bahuri Diperiksa untuk yang me-2 Kalinya Hari Ini

Hal ini menciptakan berbagai spekulasi di masyarakat mengenai keterhubungan antara ketiga gunung tersebut.

Diketahui Indonesia adalah salah satu negara yang berada di area Pacific Ring of Fire, atau area Cincin Api Pasifik.

Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Andi Suardi mengungkapkan rekaman aktivitas erupsi pada seismogram menunjukkan bahwa, amplitudo maksimum sebesar 63 milimeter dengan durasi sekitar 41 detik Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

“Kami  mengingatkan agar penduduk dan nelayan tidak mendekati kawasan Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer,” katanya.

BACA JUGA:Catat Syarat, Gaji dan Cara Pendaftaran untuk Jadi KPPS Pemilu 2024

Masih dalam pantauan PVMBG, gunung Anak Krakata berada pada level III yang artinya siaga yang direkomendasikan oleh pemerintah agar masyarakat, nelayan, dan pendaki gunung tetap menjaga jarak tidak kurang dari lima kilometer dari kawah gunung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan, sebelumnya telah mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi erupsi Gunung Anak Krakatau di awal tahun 2023. 

Terlebih dipesisir pantai dan Pulau Sebesi, serta melarang pendekatan ke Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer.

Selain itu, data dari Pusdalops BPBD Kabupaten Agam mencatat hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi dilaporkan terjadi di wilayah Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam.

BACA JUGA:Meski Terkenal Angker, Gunung Kawi Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: