Inilah 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Merah, Baik Untuk Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Merah, Baik Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih-Ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sudah sejak dulu, sirih merah digunakan oleh para leluhur kita untuk menyembuhkan berbagai penyakit

Di Jawa, misalnya, sirih merah digunakan untuk menyembuhkan ambeien, keputihan, dan menghilangkan bau mulut. Kandungan alkaloid dianggap berfungsi sebagai antimikroba.

Sirih merah mengandung senyawa saponin. Sifat antiseptik yang dimiliki senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka terbuka. 

BACA JUGA:Tangan Berlemak Bikin Kurang Pede? Begini Cara Mengatasinya

Selain itu, senyawa tanin di dalam daun sirih merah juga dapat memicu terbentuknya kolagen (protein yang memberi tekstur elastis pada kulit).

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Luka

Air rebusan daun sirih merah dapat menjadi penyembuh luka alami berkat kandungan saponin dan taninnya yang membantu proses penyembuhan.

BACA JUGA:Niat Basmi Kutu Busuk dengan Bakar Kasur, Pemuda Ini Malah Picu Korban Jiwa

Dengan membentuk kolagen, daun sirih merah tidak hanya menghentikan perdarahan, tetapi juga dapat mempercepat regenerasi jaringan.

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Kelebihan fenol dan flavonoid yang terkandung dalam daun sirih merah memiliki kemampuan yang efektif dalam mencegah resiko infeksi.

Tidak hanya itu, daun sirih merah juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus, yang dapat dijadikan sebagai pilihan alami untuk menjaga kulit dan melindungi tubuh dari infeksi.

BACA JUGA:Waduh, Kaesang Kasih Sentilan ke Firli Bahuri

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: