Benarkah Biaya Naik Haji 2024 Bakal Meningkat jadi Rp 105 Juta? Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Bilang Begini

Benarkah Biaya Naik Haji 2024 Bakal Meningkat jadi Rp 105 Juta? Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Bilang Begini

Biaya haji 2024-Ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Saat ini sedang beredar kabar bahwa biaya naik haji di tahun 2024 akan naik menjadi Rp 105 Juta.

Akan tetapi, biaya tersebut belum final dan belum diresmikan sementara diyakini haji ditahun 2024 turun menjadi Rp 93,4 Juta.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily.

BACA JUGA:Cara Daftar KIP Kuliah Buat Kamu yang Ingin Dapat Bantuan Dana, Simak Langkah-langkahnya!

“Alhamdulilah pada 13 November 2023 lalu, Pemerintah melalui Kementerian Agama menyampaikan usulan biaya haji sebesar Rp105 juta yang kemudian dibahas bersama dengan Komisi VIII DPR RI. Kami meyakini akan ada penurunan dan penyesuaian-penyesuaian biaya tanpa harus menurunkan kualitas pelayanan kepada para jamaah,” kata Ace di Sunshine Hotel Soreang Kabupaten Bandung Jumat, 24 November 2023.

Tak hanya itu Ace juga menjelaskan bahwa komitmennya dalam mendorong pelayanan ibadah haji yang semakin baik pada pembahasan yang dilakukan secara intensif bersama pemerintah di Komisi VIII DPR RI. 

“Setelah diskusi ini, diskusi itu. Kita ngobrol dengan maskapai Garuda, dengan Saudi Airlines. Setelah mendapatkan masukan-masukan, biayanya bisa kita tekan hingga Rp93,4 juta. Tapi ini belum final, nanti (Senin 27 November 2023) diputuskan,” ujar Ace. 

Menurut anggota DPR RI asal dapil Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu, dari Rp93,4 juta kemudian berkembang wacana, berapa yang harus dibayar jemaah.

BACA JUGA:Aaliyah Massaid Temui Keluarga Gen Halilintar di Ulang Tahun Atta, Beda Jauh Dari Fuji!

“Kalau komposisi Bipih-nya 60 persen, maka jemaah membayar Rp55 juta. Nilainya itu disubsidi dalam ‘tanda kutip’ Rp38 juta dari nilai manfaat dana haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH),” katanya.

Nantinya akan ada keputusan jelasnya dan dapat dipastikan harga kenaikan haji finalnya bisa dicicil para calon jemaah haji tahun 2024.

“Yang punya uang Rp10 juta, bayar dulu. Yang punya Rp5 juta, bisa bayar dulu. Biaya haji kali ini juga kita tetapkan jauh-jauh hari. Agar jemaah bisa mempersiapkan pelunasan,” ucapnya.

Salah satu penyebab utama naiknya biaya haji adalah semakin banyaknya jemaah yang mendaftar haji setiap musim.

BACA JUGA:Sempat Mimpi Hamil? Siap-siap Dapat Keberuntungan, Primbon Jawa Ungkap Artinya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: