6 Tips Hemat Atur Keuangan Bulanan Setelah Gajian, Jangan Langsung Dihabiskan!

6 Tips Hemat Atur Keuangan Bulanan Setelah Gajian, Jangan Langsung Dihabiskan!

keuangan gaji-Ilustrasi-Pinterest

3. Hidup Hemat

Hidup hemat bukan berarti pelit. Hidup hemat adalah membatasi pengeluaran yang tidak penting. Misalnya kamu punya kebiasaan suka ke mall beberapa kali dalam sebulan. Shopping, nongkrong di kafe, atau jajan tidap hari, yang kadang membuat pengeluaran bengkak.

Mulailah menghindari kebiasaan yang dapat mengganggu keuangan kamu. Apalagi jika keuangan kamu dalam kondisi sulit dan pas-pasan. Kebiasaan yang menghabiskan uang tersebut akan membuat kamu semakin sulit merencanakan keuangan. 

Mulailah mencari aktivitas produktif yang bisa menambah penghasilan. Kamu bisa memberi hadiah kepada diri kamu sendiri dengan berbelanja, atau refreshing setelah diri kamu melakukan hal positif yang produktif untuk keuangan. 

BACA JUGA:GIIAS Bandung 2023: Rasakan Sensasi Bekendara dengan Banyak Kendaraan Baru!

4. Cari Tambahan Penghasilan

Jika kondisi keuangan kamu pas-pasan, kurang, atau belum ada alokasi yang bisa kamu gunakan untuk menabung, maka mulailah mencari tambahan penghasilan.

Tambahan penghasilan ini bisa kamu lakukan secara freelance, bisa memanfaatkan teknologi dan internet sehingga bisa kamu lakukan secara freelance tanpa harus mengganggu aktivitas pekerjaan kamu. 

Ada banyak peluang penghasilan tambahan yang bisa kamu upayakan. Salah satunya dengan mengembangkan hobi, membuka layanan jasa, bergabung dengan bisnis orang lain, dan seterusnya. 

BACA JUGA:9 Cara Membersihkan Karang Gigi Agar Cepat Hilangnya, Ampuh Nih!

Setiap orang memiliki peluang dan potensi yang berbeda, kamu bisa mengoptimalkannya untuk meraih penghasilan tambahan.

5. Jangan Kredit Barang

Jika gaji kamu cuma 3 juta, maka hindari dulu melakukan kredit barang. Kamu mungkin punya keinginan memiliki barang-barang tertentu untuk kebutuhan, tapi tahan dulu keinginan kamu. 

Jika ingin kredit barang, maka jangan menggunakan gaji pokok yang hanya 3 juta tersebut. Kamu perlu mengalokasikannya dari penghasilan tambahan atau melalui tabungan yang kamu kumpulkan.

 BACA JUGA:Tidak Terima Jadi Tersangka, Firli Bahuri Siap Melawan!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: