Lebih Penting Istri atau Ibu Dulu? Buya Yahya Beri Jawaban Jelas!

Lebih Penting Istri atau Ibu Dulu? Buya Yahya Beri Jawaban Jelas!

Ceramah Buya Yahya-Al-Bahjah TV-Youtube

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Buya Yahya menjelaskan tentang kewajiban seorang suami yang sedangd dilema memilih istri dulu atau ibu dulu.

Banyak orang berprinsip bahwa ibu adalah surganya suami sehingga suami harus dahulukan ibu dibandingkan istrinya.

Tak hanya itu, banyak juga yang berpendapat bahwa suami yang sudah menikah tetap punya ibu kandungnya bukan milik istrinya.

BACA JUGA:Buruan Klaim Kode Redeem Skin Gratis Mobile Legends Terbaru 21 November 2023!

Buya Yahya menyampaikan penjelasannya mengenai pilihan istri dulu atau ibu dulu disampaikannya di Youtube Al-Bahjah TV.

"Ini teman saya yang mengalami. Dia sudah berkeluarga, orang tua sudah sepuh, semuanya sudah memakai tongkat. Pengennya dia tinggal dirumah orang tuanya karena sendirian dan kepikiran terus. Tapi istrinya nggak mau ikut. Istrinya pengen tinggal sama ibunya, padahal ibunya sudah ada yang menemani yaitu kakaknya. Apakah si istri didiamkan sampai gak tahu kapan, cemberut, terus dikasih pilihan?," tanya salah satu jamaah pada Buya Yahya. 

"Istri yang tidak patuh kepada suami selagi bukan dalam kemaksiatan tentunya. "Suaminya ngajak tinggal dirumah sang suami. Sementara suami punya kewajiban untuk mengurusi ibundanya dan ayahandanya. Memang begitu urutan kewajiban. Maka istri harus patuh," terang Buya Yahya. 

Dalam hal ini maka istri harus patuh pada suami. Kecuali ada hal yang mengganggu dan membuat tidak nyaman, istri bisa minta izin kepada suami untuk tinggal bersama ibundanya. 

BACA JUGA:Breaking News! Rumah Sakit Indonesia di Gaza Diserang Israel

"Kalau disitu ndak ada masalah. Kecuali ada masalah, mertuanya ngancam ini, itu dan sebagainya," ujar Buya Yahya.

Maka jika ada seorang istri yang tidak mau patuh terhadap suami, bukan hanya saja didiamkan. Melainkan tidak wajib diberi nafkah namanya nusyûz atau pembangkangan.  

"Namanya nusyûz, gak dikasih makan. Wanita tersebut ndak wajib dikasih nafkah, karena apa ndak mau patuh terhadap suami," ujar Buya Yahya. 

Buya Yahya juga mengimbau kepada para istri yang salehah, perlu diingat bahwa suamimu punya kewajiban yang tidak pernah berkurang kepada ibunda dan ayahandanya.

BACA JUGA:Sejumlah Hiasan Rumah yang Dilarang Dalam Islam, Bikin Malaikat Ogah Beri Berkah!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: