Jangan Panik, Ini 4 Cara Mudah Atasi Bayi Terkena Flu

Jangan Panik, Ini 4 Cara Mudah Atasi Bayi Terkena Flu

Cara atasi bayi flu-Ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.IDMusim dingin tiba banyak bayi yang terkena flu dimana flu tersebut membuat kondisi bayi menjadi rewel.

Kondisi batuk pilek ini sering terjadi karena sistem imun bayi masih belum terbentuk sempurna yang membuatnya rentan terserang batuk pilek.

Bagi orang tua jangan khawatir dan pusing memikirkannya, kali ini ada cara yang bisa ibu dan ayah lakukan unutk mengatasi anak yang terkena flu dan batuk.

BACA JUGA:Motor Listrik Bisa Nyetrum Jika Terkena Air Hujan dan Banjir?

1. Hisap Ingus

Cara paling mudah dan pertama kali bisa dilakukan untuk mengatasi pilek bayi adalah menyedot ingusnya menggunakan alat penghisap khusus. Masukkan ujung pipet penghisap sekitar 1 centimeter ke dalam salah satu lubang hidung bayi, kemudian tekan pompanya untuk menarik ingus keluar. 

2. Terapi Uap

Supaya si Kecil bisa bernapas lebih lega, ingus yang mengeras dan menyumbat hidungnya perlu diencerkan. Caranya bisa dengan mematikan AC dan menyalakan alat humidifier di kamar si Kecil.

BACA JUGA:Simak Tata Cara Gunting Kuku yang Benar Menurut Ajaran Islam

Bisa juga dengan cara mengisi ember besar atau bak mandi dengan air panas dan tutup kamar mandi untuk biarkan uap berkumpul menghangatkan udara di dalamnya. Kemudian, dudukkan si Kecil di kursi bayi di dalam kamar mandi dan biarkan ia menghirup uap hangatnya selama 10-15 menit. Agar tidak bosan, Mama bisa membawa mainan dan membawa buku untuk mengalihkan perhatian si Kecil. 

Lakukan cara ini baiknya sebelum tidur, ya, agar si Kecil juga bisa tidur lebih nyenyak.

3. Lanjut Berikan ASI

Pilek yang disertai demam bisa membuat si Kecil berisiko dehidrasi karena tubuhnya kehilangan banyak cairan. Apalagi si Kecil mungkin jadi lebih malas menyusu karena hidungnya tersumbat. Bila dibiarkan, dehidrasi akan sangat membahayakan.

BACA JUGA:Awas Musim Hujan Tiba, Para Istri Wajib Tahu Ini Dia Tanda KB IUD Tergeser

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: