Awas Musim Hujan Tiba, Para Istri Wajib Tahu Ini Dia Tanda KB IUD Tergeser

Awas Musim Hujan Tiba, Para Istri Wajib Tahu Ini Dia Tanda KB IUD Tergeser

Tanda KB IUD tergeser-Ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.IDMusim hujan telah tiba membuat udara sejuk banyak para suami istri melakukan aktivitas bercinta demi kehangatannya.

Tetapi perlu diingat, bagi kalian yang menggunakan KB IUD tidak diyakinkan secara sepenuhnya bahwa kalian tidak akan hamil.

KB IUD bisa saja bergeser kapanpun dan bisa mengakibatkan kalian hamil tanpa direncanakan.

BACA JUGA:Kabar Menyedihkan! Pegawai Honorer Resmi Dihapus Pada 2024, Ini Dia Aturannya

Tapi jangan khawatir ini beberapa ciri yang bisa kalian kenalkan apabila KB IUD kalian begeser.

1. Menstruasi menjadi sangat deras. Flek dan menstruasi tak teratur adalah salah satu efek samping yang umum setelah pemasangan IUD. Namun, jika menstruasi jauh lebih deras atau lebih banyak daripada biasanya, bisa menjadi tanda IUD bermasalah.

2. Kram menstruasi lebih hebat. Jika kram hebat disertai demam dan flek atau keputihan, segera periksakan ke dokter. Ini bisa menandakan IUD bergeser, bahkan disertai infeksi.

3. Muncul rasa nyeri. Rasa nyeri yang terjadi terus menerus di area rahim dan tak mereda meski sudah minum pereda nyeri mungkin menandakan IUD bermasalah.

BACA JUGA:Paling Mudah dan Anti Ribet, Simak Cara Mengecek Tagihan IndiHome via Online

4. Benang IUD tidak terasa. Saat memeriksa posisi IUD dengan cara berjongkok dan memasukkan jari, seharusnya kita bisa merasakan benang IUD. Jika tak terasa, atau malah terasa lebih panjang, ini adalah salah satu ciri KB IUD bergeser atau berpindah tempat. 

5. Pasangan bisa merasakan IUD saat berhubungan. Benang IUD wajar jika terasa oleh pasangan saat berhubungan seks, namun jika IUD yang terasa, segera periksakan ke dokter.

6. Muncul rasa tak nyaman saat berhubungan. Tak hanya pasangan, kita pun bisa merasakan rasa tak nyaman, bahkan rasa nyeri saat berhubungan, jika IUD bermasalah.

7. Menstruasi lagi setelah lama tidak menstruasi. Setengah dari pengguna IUD hormonal mengalami menstruasi tidak teratur dan ringan, bahkan berhenti menstruasi. Jika kita sudah lama tidak menstruasi dan kemudian tiba-tiba menstruasi kembali, ada kemungkinan IUD bermasalah.

BACA JUGA:Bansos BLT November 2023 Cair Untuk Anak Sekolah, Begini Cara Cek Daftar Penerimanya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: