Memakan Waktu Berapa Lama CPNS Bisa Sampai Resmi Diangkat Jadi PNS?

Memakan Waktu Berapa Lama CPNS Bisa Sampai Resmi Diangkat Jadi PNS?

Kenaikan jabatan cpns jadi pns-@infojkt-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Banyak sekali yang mempertanyakan kapan diangkat nya CPNS menjadi seorang PNS dengan status karyawan tetap.

Ada sejumlah syarat dan ketentuan aturan yang diikuti dan dipenuhi oleh BKN untuk CPNS diangkat jadi PNS.

Peraturan tersebut tertuang dalam pada PP 11 tahun 2002 tentang Perubahan PP 98 tahun 2000.

BACA JUGA:Mau Gabung BCA? Simak Info Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate, Jangan Sampai Ketinggalan!

Ingin tau waktu jelasnya pengangkatan jabatan tersebut? Yuk simak dibawah ini.

Perlu kalian ketahui bahwa CPNS wajib mengikuti berbagai program prajabatan seperti lulus diklat, sehat jasmani-rohani serta bebas narkoba.

Tak hanya itu saja, nantinya akan ada ada hasil penilaian kinerja dan perilaku selama menjadi CPNS wajib baik untuk dipersilakan mengucapkan sumpah janji PNS saat pengangkatan.

Dalam peraturan tentang CPNS yang ada, CPNS diangkat menjadi PNS setelah melalui masa percobaan setidaknya 1 tahun dan paling lama selama 2 tahun.

BACA JUGA:Buat Kamu yang Suka Selfie Wajib Punya HP Vivo V20, Intip Kekuatannya di Sini!

Di pasal 14 ayat 1 PP Nomor 98 Tahun 2000 tertuang bahwa CPNS yang telah menjalankan masa percobaan sekurang-kurangnya 1 tahun dan paling lama 2 tahun bisa diangkat menjadi PNS.

Namun, jika sudah 2 tahun CPNS belum diangkat menjadi PNS hal ini bisa berkaitan dengan kebijakan strategis dari pemerintah mengenai ketersediaan kuota, anggaran dan sarana-prasarana pelatihan.

Jika telah memenuhi kedua syarat tersebut, CPNS akan diangkat menjadi PNS oleh PPK ke dalam jabatan dan pangkat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada proses pengangkatan, CPNS yang diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah atau janji yang dilakukan pada saat pelantikan oleh PPK menurut agama dan kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika sumpah atau janji telah diucapkan, barulah ditetapkan menjadi PNS.

BACA JUGA:Dana Paylatter Kamu Sering Gagal? Pasti Ini Faktor Utamanya!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: