Mengenal Lebih Dekat Makna Maulid Nabi Muhammad SAW, Simak Juga Sejarah Singkatnya

Mengenal Lebih Dekat Makna Maulid Nabi Muhammad SAW, Simak Juga Sejarah Singkatnya

Ajaran Allah dihari Maulid Nabi-Ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID -  Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW sering kali diperingati pada tanggal 12 Rabiul awal, dan perayaan acara Maulid Nabi Muhammad di Indonesia masuk pada tanggal 28 September 2023.

Perlu diketahui bahwa perayaan Maulid Nabi memiliki sejarah dan maknanya tersendiri yang perlu diketahui oleh kita sebagai umat muslim, berikut penjelasannya.

Sejarah Singkat Maulid Nabi Muhammad SAW 

BACA JUGA:Besok Libur Tanggal Merah Maulid Nabi, Lusa Hari Jumat Akankah Ada Cuti Bersama?

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dikenal oleh masyarakat Arab sejak tahun kedua Hijriah. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa perayaan Maulid Nabi diperingati sejak zaman Nabi SAW.

Sebagian juga berpendapat bahwa peringatan Nabi Muhammad SAW pertama kali pada saat dinasti Fatimiyah dan ada juga yang berpendapat pada masa Salahudin Al-Ayyubi.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sudah disampaikan oleh Ahmad Tsauri dalam buku Sejarah Maulid Nabi (2015), merujuk pada kitab Wafa’ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa.

Disebutkan bahwa Khazirun atau Jurasyiyah binti ‘Atha (170 H/786 M) merupakan istri dari Khalifah al-Mahdi bin Mansur Al-Abbas yang juga merupakan Ibu dari Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan al-Rasyid datang ke Madinah.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Ada TIGA Bansos Sekaligus Cair Oktober 2023, Apa Saja? Cek Daftarnya Ya

Khazirun memerintahkan agar penduduk Madinah mengadakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Nabawi. 

Kemudian, Khazirun pun pergi ke Mekah untuk memerintahkan hal yang sama kepada penduduk Mekah untuk melakukan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di setiap rumah.

Karena memiliki pengaruh yang besar Khazirun dapat menggerakkan masyarakat muslim di Arab untuk memperingati perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, sebagai suri tauladan untuk mengikuti kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

Makna Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

BACA JUGA:Ajukan KPR BTN Syariah Gimana Caranya? Simak Penjelasannya di Sini

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: