Besok Maulid Nabi, Jangan Lupa Baca Sholawat Ini!

Besok Maulid Nabi, Jangan Lupa Baca Sholawat Ini!

Ajaran Allah dihari Maulid Nabi-Ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sebagaimana kita ketahui bahwa esok hari akan tiba Maulid Nabi Saw ditahun 2023.

Perlu kalian ketahui, saat tiba nya Maulid Nabi kalian dianjurkan untuk bersholawat sebagai tanda cinta kalian kepada Nabi.

Membaca sholawat atau doa juga merupakan anjuran dan perintah dari Allah, hal ini tercantum dalam Al Quran Surat Al-Ahzab ayat 56.

BACA JUGA:Chef Juna Sentil Keras Food Vlogger yang Kerap Asal-asalan Menilai Makanan: 'Sok Jadi Foodie!'

“Sungguh Allah dan malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (Surat Al-Ahzab ayat 56).

Melalui haditsnya, Rasulullah SAW juga pernah bersabda mengenai keutamaan orang yang bersholawat atas dirinya.

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

Artinya: "Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Jalan PNS untuk Mengembangkan Karir Makin Lancar, Simak Surat Edaran Menteri PANRB No. 19/2023 Ini

Ustaz M. Kamaluddin dalam buku Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW membagi bacaan sholawat menjadi dua bagian yakni sholawat ma'tsuroh dan ghairu ma'tsuroh.

Sholawat ma'tsuroh adalah sholawat yang bersumber langsung dari Allah SWT dan keutamaannya ditujukan untuk Rasulullah SAW. Bentuk bacaan sholawat nabi yang termasuk dalam golongan ini adalah bacaan yang paling familiar di kalangan muslim.

Sementara itu, sholawat ghairu ma'tsuroh adalah sholawat yang disusun oleh para sahabat, tabi'in, alliyak, para ulama dan orang-orang shaleh yang tidak diragukan lagi dari segi keilmuan dan ketakwaannya.

Sholawat jenis inilah yang dikenal dengan banyak versi bagi umat muslim. Sejumlah contohnya adalah sholawat Munjiyat yang diciptakan oleh Syekh Abdul Qadir al-Jaelani dan sholawat Fatih yang diciptakan Syekh Ahmad al-Tijami.

BACA JUGA:Daftar Semua Penyakit yang Tak Dicover BPJS Kesehatan, Ada Info Penting Nih!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: