Jangan Panik Dulu! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kutil di Leher

Jangan Panik Dulu! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kutil di Leher

Foto: Ilustrasi by Pexels-Karolina Grabowska-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kutil merupakan gangguan kulit berupa benjolan yang dapat muncul di bagian tubuh manapun.

Meski kutil tidak berbahaya, namun benjolan ini dapat mengganggu penampilan, terutama pada bagian yang mudah dilihat oleh orang lain seperti leher.

Kutil disebabkan oleh infeksi virus papilloma (HPV) yang masuk melalui kulit yang luka, benda yang telah terkontaminasi atau bisa disebabkan karena kontak fisik.

BACA JUGA:Apakah Benar Flek Hitam Muncul Karena Bertambahnya Usia? Temukan Faktanya di Sini

Perlu diketahui bahwa kutil pada leher dapat menular apabila seseorang tidak sengaja menyentuh kutil temannya atau menyentuh barang-barang yang telah terkontaminasi. Selain itu, kutil juga bisa menyebar apabila tidak segera diobati dengan cepat.

Adapun berikut cara yang tepat untuk mengobati kutil pada kulit leher, diantaranya adalah:

1. Asam Salisilat

Asam salisilat menjadi salah satu obat kutil yang sangat ampuh dan sering digunakan. Asam salisilat mampu mengikis kutil sehingga nantinya kutil dapat mengelupas dan hilang. Rekomendasi obat apotek yang mengandung asam salisilat dan dapat menghilangkan kutil adalah Kutilos.

2. Asam trikloroasetat

Asam trikloroasetat menjadi obat alternatif untuk menghilangkan kutil apabila asam salisilat tak ampuh menghilangkan kutil. Obat ini akan berefek perih pada kulit saat melakukan pengobatan dengan kandungan tersebut.

3. Bawang Putih

Cara lainnya yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kutil adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung sifat antivirus dan dapat menghilangkan virus APV di kulit leher. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan menghancurkan bawang putih lalu tutupi kutil dengan bawah putih setiap malam.

BACA JUGA:Mau Kulit Wajah Bebas Flek Hitam? Hindari Faktor Penyebabnya yang Harus Kamu Lakukan Sekarang Juga!

Selama perawatan kutil di leher, ada beberapa tips yang perlu diterapkan agar proses penyembuhan bisa lebih cepat, yaitu:

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: