Ayo Buktikan Bersama! Ini Ramalan Hujan di Jakarta dari BMKG

Ayo Buktikan Bersama! Ini Ramalan Hujan di Jakarta dari BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis perkiraan curah hujan yang terkait dengan musim kemarau di Indonesia.--

Ayo Buktikan Bersama! Ini Ramalan Hujan di Jakarta dari BMKG 

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis perkiraan curah hujan yang terkait dengan musim kemarau di Indonesia.

Prediksi ini mencakup periode dari Agustus hingga Oktober dan juga berdampak pada fenomena El Nino.

Menurut BMKG, curah hujan dengan tingkat kategori rendah (kurang dari 100 mm per bulan) diharapkan terjadi pada bulan Agustus hingga Oktober.

Wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami curah hujan rendah ini termasuk Sumatera bagian tengah hingga selatan, pulau Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara, serta sebagian Kalimantan bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku, dan Papua bagian selatan.

BACA JUGA:Laporan BMKG: Awal Musim Hujan Diprediksi Mulai November 2023, Simak Penjelasannya

Fenomena El Nino juga telah memengaruhi musim kemarau sejak bulan Juli dan diperkirakan akan berlanjut hingga bulan Oktober mendatang.

Oleh karena itu, BMKG mengingatkan agar kewaspadaan ditingkatkan, terutama selama bulan-bulan tersebut, karena banyak wilayah di Indonesia yang akan memasuki puncak musim kemarau.

Dalam konteks penanganan kualitas udara, BMKG juga memberikan perkiraan curah hujan dari bulan September hingga awal tahun depan sebagai berikut:

BACA JUGA:Begini Tata Cara Sholat Meminta Hujan Ketika Kemarau Berkepanjangan, Bisa Dilakukan Sendirian

•Bulan September - Oktober 2023

Curah hujan pada umumnya berada dalam kategori rendah-menengah, dengan wilayah-wilayah tertentu yang dapat mengalami curah hujan rendah.

Ini termasuk Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan Barat, sebagian besar Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur bagian selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, sebagian Sulawesi Barat bagian selatan, sebagian Sulawesi Tengah, Gorontalo, sebagian Sulawesi Utara, sebagian Maluku, dan sebagian Papua bagian selatan.

•Bulan November 2023

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: