Laporan BMKG: Awal Musim Hujan Diprediksi Mulai November 2023, Simak Penjelasannya

Laporan BMKG: Awal Musim Hujan Diprediksi Mulai November 2023, Simak Penjelasannya

BMKG memprediksi musim hujan akan berlangsung lebih lambat--Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa musim hujan akan berlangsung lebih lambat. Diperkirakan awal musim hujan akan terjadi pada November 2023.

"Jika dibandingkan dengan normalnya, secara umum musim hujan diprediksi akan lebih lambat," tutur Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi persnya, pada Jumat, 8 Agustus 2023.

Dwikorita menerangkan bahwa awal musim hujan terjadi disebabkan karena adanya peralihan angin timuran atau monsun Australia menjadi angin baratan atau monsun Asia. 

BACA JUGA:Cek Info Prakiraan Cuaca BMKG di Wilayah Jabodetabek Hari Ini Jumat, 8 September 2023

Diharapkan angin dari benua Asia ini membawa uap air yang bisa mendatangkan hujan di Indonesia.

"Awal musim hujan biasanya berkaitan erat dengan peralihan angin timuran atau angin dari arah Australia atau disebut monsun Australia. Beralih menjadi angin baratan atau monsun Asia yakni angin yang asalnya dari Benua Asia. Diharapkan, jika angin itu berasal dari benua Asia yang membawa uap uap air dari Samudra Pasifik di sekitar Asia maka diharapkan akan segera memberikan awan-awan hujan sehingga mendatangkan musim hujan di kepulauan Indonesia," tutur Dwikorita.

Akan tetapi, Dwikorita mengungkapkan menurut prediksi angin baratan akan datang lebih lambat dari normalnya. Sehungga hal tersebut lah yang membuat musim hujan di Indonesia diprediksi lebih lambat.

Berdasarkan prediksi BMKG angin timuran yang asalnya dari Australia diprediksi masih tetap aktif sampai November 2023 terutama di Indonesia bagian selatan. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG di Wilayah Jabodetabek Hari Ini Kamis, 7 September 2023

Sedangkan angin baratan yang asalnya dari benua Asia diprediksi akan datang lebih lambat dari normalnya.

Ia menjelaskan keragaman iklim di Indonesia mengakibatkan awal musim hujan tidak merata. Namun, sebagian besar wilayah di Indonesia baru akan mengalami musim hujan pada November 2023.

"Jadi awal musim hujan secara umum di prediksi akan terjadi pada bulan November 2023. Tetapi karena tingginya keragaman iklim di Indonesia mengakibatkan awal musim hujan tidak terjadi secara bersamaan di Indonesia," ujarnya.

Berikut prediksi BMKG terkait Awal Musim Hujan 2023/2024 

BACA JUGA:Anti Ribet! Begini Cara Ngajuin Pinjaman Uang di 'AkuLaku'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: