Telkom Jalin Kerja Sama Dengan Starlink Milik Elon Musk

Telkom Jalin Kerja Sama Dengan Starlink Milik Elon Musk

Telkom Jalin Kerja Sama Dengan Starlink Milik Elon Musk--Starlink

JAKARTA, POSTINGNEWS.IDPT Telkom Indonesia Tbk telah bekerja sama dengan Starlink, perusahaan internet satelit milik Elon Musk.

Terkait kerjasama antara PT Telkom Indonesia Tbk. Dan Starlink, perusahaan internet satelit milik Elon Musk, Direktur Bisnis Digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Muhamad Fajrin Rasyid, telah mengumumkan rencana kedatangan layanan internet Starlink di wilayah Indonesia Timur.

Ketika ditanya tentang potensi persaingan dengan Starlink, Fajrin menjelaskan bahwa sebenarnya Telkom sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan tersebut.

BACA JUGA:Gampang Kok, Gini Cara Ajukan KUR BRI Online Tanpa Ribet

“Jadi Starlink justru bekerja sama dengan kami. Kalau kerja sama sudah. Saya agak lupa kapannya, tapi kita sudah kerja sama,” katanya di sela rangkaian ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 6 September 2023.

Telkom telah mengoperasikan 9 stasiun bumi sebagai gateway akses internet ke satelit Starlink.

Menurut Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, hadirnya Starlink tidak bertujuan untuk melayani konsumen secara langsung.

Starlink digunakan untuk akses internet via operator seluler dan penyedia layanan internet di Indonesia.

BACA JUGA:Simpel, Ini 3 Cara Mudah Transfer Kuota Telkomsel

“SpaceX sudah masuk, tidak layanan ke pelanggan. Ke kami, para operator, ke ISP-ISP,” katanya di sela acara BATIC 2023.

Bogi mengatakan bahwa Telkom sudah punya stasiun bumi untuk gerbang akses internet Starlink yang tersebar di 9 titik di penjuru Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa perangkat Starlink menyediakan akses internet cepat kepada penyedia layanan internet lokal, yang kemudian disalurkan kepada penduduk Indonesia.

“Kami sudah membangun 9 gateway, gateway yang sudah ada di Indonesia, sudah di Telkomsel,” kata Bogi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: