Ini Alasan Diaspora Indonesia Kembali Berminat Pulang ke Tanah Air

Ini Alasan Diaspora Indonesia Kembali Berminat Pulang ke Tanah Air

Laporan terbaru dari perusahaan rekrutmen Robert Walters mengungkapkan bahwa minat diaspora Indonesia untuk kembali ke Tanah Air terus meningkat. --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Laporan terbaru dari perusahaan rekrutmen Robert Walters mengungkapkan bahwa minat diaspora Indonesia untuk kembali ke Tanah Air terus meningkat.

Menurut laporan ini, tiga dari lima diaspora Indonesia menyatakan rencana untuk kembali dalam lima tahun ke depan, yang mencakup sekitar 60% dari seluruh responden dalam survei ini.

Ini adalah peningkatan dari data sebelumnya pada tahun 2021, di mana hanya 46% dari responden yang mempertimbangkan untuk kembali ke Indonesia.

Namun, survei ini juga menunjukkan bahwa situasi ekonomi memengaruhi keputusan diaspora Indonesia, baik untuk tinggal di luar negeri maupun kembali ke Indonesia.

BACA JUGA:Klasemen Sementara MotoGP Usai GP Spanyol: Alami Crash, Francesco Bagnaia Masih Kokoh Di Puncak Klasemen 

Sekitar 56% dari mereka mengatakan bahwa situasi ekonomi memengaruhi keputusan mereka. Beberapa faktor yang memengaruhi keinginan mereka untuk kembali adalah:

1. Keinginan untuk mengurus orang tua dan tinggal lebih dekat dengan keluarga (68%).

2. Hubungan emosional, sosial, dan budaya yang mendalam dengan Indonesia (36%).

3. Peluang pekerjaan menarik (29%).

BACA JUGA:Waktunya Mengubah Nasib! Daftar Weton Paling Tinggi Rezeki: Kunci Tersembunyi Meraih Kehidupan Penuh Kemewahan

4. Keinginan untuk memberikan kontribusi pada negara (25%).

5. Keinginan untuk menghabiskan masa pensiun di Indonesia (20%).

Faktor ekonomi juga memengaruhi keputusan mereka, dengan keyakinan pada pertumbuhan dan stabilitas ekonomi Indonesia (65%), meningkatnya permintaan akan keterampilan khusus di Tanah Air (45%), peluang berbisnis atau berwirausaha (37%), dan munculnya industri baru yang sesuai dengan keahlian mereka (29%).

BACA JUGA:Resmi! Harga Rumah Subsidi Naik Pada Tahun 2024, Termahal di Daerah Ini

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: