Resmi! Harga Rumah Subsidi Naik Pada Tahun 2024, Termahal di Daerah Ini

Resmi! Harga Rumah Subsidi Naik Pada Tahun 2024, Termahal di Daerah Ini

Ilustrasi rumah subsidi--Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harga rumah subsidi dipastikan naik tahun 2024 mendatang

Adapun penetapan tersebut diatur pada Keputusan Menteri PUPR Nomor 689/KPTS/M/2023 terkait Batasan Luas Tanah, Luas Lantai dan Batasan Harga Jual Rumah Umum Tapak Dalam Pelaksanaan Kredit/Pembiayaan Perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, Serta Besaran Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan.

"Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam salinan putusan yang diteken 23 Juni silam, Dilansir pada Senin, 4 September 2023.

BACA JUGA:Cek Promo Burger King Spesial September Ceria, Makan Asyik Mulai Rp9.999 Doang Tiap Menu!

Melalui aturan itu, Basuki memutuskan luasan tanah dan rumah untuk rumah subsidi. Selain itu juga mengatur terkait harga rumah subsidi berdasarkan zonasi atau wilayah.

Batasan harga rumah subsidi yang memiliki harga mahal ternyata ada di Pulau Papua, yaitu mencapai Rp 234 juta pada 2023 dan pada 2024 sebesar Rp 240 juta.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah mengungkapkan terdapat alasan di balik harga rumah subsidi di Papua paling mahal. Karena dipengaruhi oleh harga material yang juga mahal.

"Papua mahal sebab material komponen yang paling berpengaruh," tutur Junaidi.

BACA JUGA:Pemerintah Berikan Subsidi Rp7 Juta Untuk Motor Listrik, Cek Syaratnya

Nampaknya pemerintah juga menyadari bahwa rumah subsidi di Papua harganya mahal.

Oleh sebab itu, pada Keputusan Menteri PUPR itu juga mengatur, bantuan uang muka untuk daerah Papua paling besar yaitu Rp 10 juta.

Akan tetapi untuk di selain wilayah Papua hanya Rp 4 juta.

- Jawa (kecuali Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi/ Jabodetabek) harga pada tahun 2023 sebesar Rp 162 juta dan Rp 166 juta (2024).

- Sumatra (kecuali Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Kepulauan Mentawai) harga pada tahun 2023 sebesar Rp 162 juta dan Rp 166 juta (2024).

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: