Ini Dia Spek Helikopter Black Hawk RI yang Luar Biasa Canggih

Ini Dia Spek Helikopter Black Hawk RI yang Luar Biasa Canggih

Dimensi dan desain helikopter Black Hawk TNI AU yang dibeli dari Amerika Serikat. --Lockheed Martin

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pemerintah Indonesia menyepakati pembelian 24 unit helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk dari Amerika Serikat (AS) untuk keperluan TNI.
 
Langkah ini diambil setelah sebelumnya Indonesia juga menyepakati pembelian jet tempur F-15EX.
 
Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Gita Amperiawan, telah menandatangani surat perjanjian pendahuluan di fasilitas Lockheed Martin, Washington.
 
Surat perjanjian juga ditandatangani oleh Vice President of Global Business Development Sikorsky Lockheed Martin, Jeff White.
 
 
Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk merupakan versi upgrade dari model S-70i dan telah mendapatkan sertifikasi dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) pada tahun 2019.
 
Helikopter ini memiliki berbagai kemampuan yang dapat diaplikasikan untuk misi seperti patroli, pencarian, pengangkutan kargo, dan transportasi VIP.
 
Black Hawk juga bisa beroperasi di lokasi yang sulit dijangkau oleh pesawat lain.
 
Dengan daya angkut hampir 10 ribu kilogram saat lepas landas, helikopter ini dapat membawa dua awak dan 13 tentara.
 
 
Kecepatan maksimum Black Hawk mencapai 302 Km per jam, dengan kecepatan jelajah maksimum 268 Km per jam, serta jangkauan maksimum sejauh 496 Km.
 
Helikopter ini juga dilengkapi dengan sistem persenjataan modern, termasuk roket 70mm, senapan mesin GAU-19 12,7 mm, senapan mesin M-134 7,62 mm, sistem manajemen senjata, dan tampilan pada helm pilot.
 
Struktur badan Black Hawk dirancang untuk tahan terhadap tembakan senjata kecil dan proyektil berdaya ledak tinggi.
 
Akses masuk dan keluar bagi awak dan pasukan dipermudah oleh dua pintu kokpit yang dapat dibuang, serta dua pintu kargo geser.
 
 
Sistem avionik yang canggih terintegrasi dalam kokpit meliputi layar multifungsi berwarna (MFD), sistem kontrol penerbangan otomatis digital ganda, dan sistem manajemen penerbangan (FMS).
 
Selain itu, sistem navigasi dan komunikasi dilengkapi dengan GPS/INS ganda, dua radio UHF/VHF AM/FM, pencari arah otomatis, VOR/ILS, dan sistem komunikasi digital (ICS) untuk tiga stasiun awak.
 
Helikopter S-70M Black Hawk juga didukung oleh sistem bahan bakar yang aman, terdiri dari dua tangki bahan bakar antitabrakan yang tersegel secara mandiri.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: