Jet Tempur F-16 Tulang Punggung TNI AU Sukses Diremajakan, Serasa Jadi Pesawat Baru!

Jet Tempur F-16 Tulang Punggung TNI AU Sukses Diremajakan, Serasa Jadi Pesawat Baru!

Pesawat F-16 TNI AU.--Instagram/militer.udara

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Tujuh pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) telah berhasil melalui program modernisasi Falcon Star-Enhanced Mid Life Update (eMLU).
 
Proses peremajaan itu dilakukan di Skadron Teknik (Skatek) 042 Lanud Iswahjudi, Magetan.
 
Letkol (Tek) Andi Sukmawan, Komandan Skadron Teknik 042, mengonfirmasi bahwa dari 10 pesawat yang menjadi target, tujuh di antaranya telah sukses menjalani proses modernisasi.
 
"Proses transfer teknologinya juga berjalan sesuai harapan,” ungkap Andi, Rabu (23/8) kemarin.
 
 
Modernisasi F-16 ini dilakukan sejak 2018 melalui kerja sama dengan pabrikan Amerika Serikat, Lockheed Martin sebagai penyedia suku cadang.
 
Skadron Teknik 042 telah memainkan peran sentral dalam membongkar dan memodernisasi pesawat-pesawat F-16 tersebut di lokasi mereka di Magetan, Jawa Timur.
 
Andi menyatakan bahwa proses modernisasi satu pesawat F-16 memerlukan waktu sekitar satu tahun.
 
“Estimasi (pengerjaan) kami bisa sampai 1 tahun."
 
 
"Karena kami memang mengerjakannya satu-satu,” Andi melanjutkan.
 
Program Falcon Star eMLU telah berhasil meningkatkan masa operasional pesawat, meningkatkan kemampuan avionik dan persenjataan pesawat secara signifikan.
 
Selain itu, program ini juga bisa mengembangkan keahlian teknisi untuk melakukan pemeliharaan hingga tingkat yang lebih kompleks.
 
Selain modernisasi pesawat, program ini memiliki manfaat jangka panjang dalam meningkatkan kemampuan dan kemandirian teknisi Indonesia dalam merawat pesawat tempur.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: