Kenali Ciri-Ciri Orang Ber-IQ Tinggi, Salah Satunya Punya Kebiasaan Unik, Simak Penjelasannya

Kenali Ciri-Ciri Orang Ber-IQ Tinggi, Salah Satunya Punya Kebiasaan Unik, Simak Penjelasannya

Orang yang memiliki IQ di atas rata-rata biasanya memiliki kebiasaan unik--Pixabay

Kenali Ciri-Ciri Orang Ber-IQ Tinggi Punya Kebiasaan Unik, Simak Penjelasannya

 

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kecerdasan seseorang pada dasarnya susah untuk diukur jika menggunakan mata telanjang. Karena diperlukan alat dan metode tes secara khusus untuk mengukur IQ seseorang. 

 

Oleh sebab itu, para peneliti sudah menghubungkan beberapa kebiasaan unik tertentu dengan orang yang memiliki skor IQ tinggi. Berikut paparannya:

 

1. Cenderung Berantakan

 

Adapun penjelasan mengenai kecerdasan menurut profesor Cornell Robert J. Sternberg, adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan situasi baru, memahami dan menangani konsep abstrak, dan menggunakan pengetahuan untuk memahami lingkungan seseorang.

 

BACA JUGA:Soal Nasabah Kehilangan Dana Puluhan Juta, Tanggapan Bank BTPN: Padahal Kasus yang Sebetulnya Itu..

 

Pada eksperimen dari University of Minnesota, diperoleh bahwa dibanding dengan mereka yang berada di tempat yang rapi orang-orang di lingkungan yang berantakan menciptakan lebih banyak ide kreatif.

 

2. Sering Mengkritik Diri Sendiri

 

Pada sebuah studi tahun 1999 dari Cornell University, para peneliti menjelaskan bahwa orang yang tidak kompeten tidak bisa mengenali ketidakmampuan mereka sendiri, sampai menyebabkan penilaian diri meningkat. 

BACA JUGA:Soal Nasabah Kehilangan Dana Puluhan Juta, Tanggapan Bank BTPN: Padahal Kasus yang Sebetulnya Itu..

 

Orang cerdas itu pasti percaya diri biasanya banyak orang berpikir seperti itu. Tetapi penelitian menyebutkan bahwa orang cerdas tidak demikian.

 

Studi ini menjelaskan bahwa orang yang sangat kompeten cenderung meremehkan kemampuannya sendiri. Hal itu disebabkan mereka tahu seberapa banyak pengetahuan yang ada di luar sana. Jadi mereka justru sering mengkritik diri sendiri bukannya terlalu percaya diri.

 

3. Senang Hal Menantang

 

Bukan hanya itu, orang yang memiliki IQ tinggi mempunyai rasa tidak gampang puas dengan pencapaian. Sebabnya, saat banyak orang merasa cukup dengan apa yang sudah dicapai, golongan IQ tinggi akan mencoba mencoba hal yang lebih ekstrem guna menantang diri.

 

4. Sering Begadang

 

Orang yang memiliki IQ tinggi cenderung akan mempunyai jam tidur yang lebih sedikit. Karena mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk hal produktif dibanding istirahat.

 

Mungkin bagu sejumlah orang tidak rela mengorbankan waktu tidur. Tetapi, orang yang mempunyai IQ tinggi senang dengan suasana malam karena cenderung hening untuk berpikir dan merancang sesuatu.

 

BACA JUGA:PNIB Gus Wal Duga Rocky Gerung Termasuk Agen dari Khilafah: Segera Tangkap!

 

5. Suka Berbicara Sendiri

 

Orang yang jenius biasanya suka berbicara sendiri, baik di dalam hati ataupun dalam bentuk tulisan. 

 

Dengan tanpa disadari kebiasaan ini dapat meningkatkan daya ingat serta memperkuat ketajaman pola pikir.


Jadi, bukan berarti orang yang suka bicara sendiri itu tidak waras, justru bisa jadi mereka jenius.

 

6. Lebih Senang Menyendiri

 

Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata biasanya lebih suka menyendiri, menghabiskan waktu sendiri dengan melakukan “me time”. Mereka biasanya merasa tidak nyaman pada kerumunan atau keramaian.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: