Tahun ini Pemegang Kartu BPJS Bakal Terima Bansos Sebesar 600 Ribu

Tahun ini Pemegang Kartu BPJS Bakal Terima Bansos Sebesar 600 Ribu

Ini Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan-ilustrasi -pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Berita menggembirakan datang bagi pemegang Kartu BPJS Kesehatan, di mana mereka berhak mendapatkan bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) 2023 sebesar Rp 600 ribu.
 
Bansos ini merupakan bagian dari program Kartu Indonesia Sehat (KIS), yang kini menjadi syarat wajib untuk menerima berbagai jenis bantuan sosial.
 
Kartu KIS awalnya merupakan program kampanye Joko Widodo pada pemilihan presiden tahun 2014, dengan tujuan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.
 
Saat ini, kartu KIS menjadi bagian dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.
 
Kartu ini merupakan identitas peserta JKN dan diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu serta Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang belum terdaftar sebagai peserta JKN Penerima Bantuan Iuran (PBI).
 
 
Para pemegang kartu KIS yang aktif minimal 6 bulan dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berhak mendapatkan Bansos PKH sebesar Rp 600 ribu.
 
Proses pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui aplikasi usul-sanggah atau laman dtks.kemensos.go.id, atau dengan mengajukan secara offline melalui pihak desa atau kelurahan dengan membawa dokumen seperti Kartu Keluarga, KTP yang telah terdaftar online, dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
 
Bansos ini diperuntukkan bagi berbagai kelompok, termasuk lansia, disabilitas, ibu hamil, balita usia 0-6 tahun, dan anak sekolah SD, SMP, serta SMA.
 
Pencairan bantuan dilakukan melalui kantor pos di 83 kabupaten atau kota.
 
Pemerintah, melalui Kementerian Sosial, telah memulai penyaluran Bansos PKH tahap 3.
 
 
Para pemegang KIS yang memenuhi syarat berhak mendapatkan manfaat dari program ini.
 
Namun, para penerima disarankan untuk berhati-hati dan mendapatkan informasi resmi hanya melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
 
Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat yang memerlukan dukungan sosial dapat merasa terbantu dalam mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: