Izin Penangkaran Alshad Ahmad Bakal Dievaluasi Imbas Kasus Kematian Harimau

Izin Penangkaran Alshad Ahmad Bakal Dievaluasi Imbas Kasus Kematian Harimau

Anak Harimau Alshad Ahmad Mati-@alshadahmad-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan melakukan evaluasi terhadap izin penangkaran yang dimiliki oleh Alshad Ahmad, seorang YouTuber terkenal.
 
Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) KLHK, Satyawan Pudyatmoko, mengungkapkan hal ini sebagai tanggapan atas insiden buntut tujuh harimau milik Alshad Ahmad.
 
Dalam evaluasi tersebut, perhatian khusus akan diberikan terhadap aspek animal welfare atau kesejahteraan hewan yang dipelihara.
 
"Kami akan menurunkan tim lengkap untuk evaluasi, terutama terkait pemenuhan animal welfare," ungkap dia.
 
Animal welfare adalah segala hal yang berkaitan dengan kondisi fisik dan mental hewan, berdasarkan ukuran dan perilaku alami mereka, yang harus diterapkan dan dijaga untuk melindungi hewan dari perilaku yang tidak pantas dari manusia.
 
 
Prinsip kesejahteraan satwa ini meliputi lima kebebasan, yaitu bebas dari rasa lapar dan haus, bebas dari rasa takut dan stres, bebas dari rasa tidak nyaman, bebas dari rasa sakit, dan bebas untuk mengekspresikan perilaku alamiah.
 
Dokter hewan dan pemerhati satwa, Nur Purba Priambada, menekankan bahwa satwa liar sebaiknya tidak dipelihara.
 
Selain berpotensi membuat satwa tidak sejahtera, kepemilikan satwa liar juga meningkatkan risiko penyebaran penyakit zoonosis melalui kontak dengan satwa tersebut.
 
"Mungkin hal-hal seperti ini yang perlu diatur kembali," kata Purba.
 
KLHK juga tengah melakukan investigasi terkait kasus kematian tujuh ekor harimau milik Alshad Ahmad.
 
 
Tim dari KLHK dikerahkan untuk melakukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk mengetahui penyebab kematian harimau-harimau tersebut.
 
Harimau-harimau tersebut merupakan harimau benggala yang tidak dilindungi oleh undang-undang karena statusnya sebagai eksotik dan bukan satwa asli Indonesia.
 
Alshad Ahmad, yang dikenal sebagai seorang YouTuber dan content creator yang gemar membagikan konten mengenai binatang peliharaannya, baru-baru ini membagikan kabar duka melalui akun Instagram pribadinya.
 
Izin Penangkaran Alshad Ahmad Bakal Dievaluasi Imbas Kasus Kematian Harimau
 
Salah satu binatang peliharaannya yang bernama Cenora, sejenis harimau, telah meninggal dunia.
 
Guncangan atas kehilangan harimau Cenora ini pun sampai kepada rekan-rekan sesama selebriti seperti Irfan Hakim dan Ria Ricis, yang turut terkejut mendengar kabar tersebut.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: