Jerawat Ada Berapa Jenis? Simak Info Lengkapnya dan Cara Mengatasinya

Jerawat Ada Berapa Jenis? Simak Info Lengkapnya dan Cara Mengatasinya

Wajah berjerawat-freepik-Capture Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Jerawat adalah kondisi kulit yang umum terjadi yang ditandai dengan munculnya lesi seperti benjolan, kemerahan, komedo, dan peradangan pada kulit.

Jerawat biasanya terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri.

Produksi hormon yang meningkat selama masa remaja sering menjadi penyebab utama timbulnya jerawat, tetapi jerawat juga dapat terjadi pada orang dewasa.

BACA JUGA:Jerawat Tak Kunjung Hilang? Yuk Lakukan 5 Langkah Mudah Ini Agar Wajah Mulus dan Terbebas dari Jerawat

Ketika pori-pori tersumbat, terbentuklah komedo (blackhead atau whitehead) yang merupakan tahap awal jerawat.

Jika komedo teroksidasi dan mengalami peradangan, dapat timbul jerawat papula, pustula, nodul, atau kista yang lebih parah.

Berikut adalah beberapa jenis jerawat yang umum:

1. Jerawat komedo: Jerawat komedo adalah jenis jerawat yang paling umum. Terdapat dua jenis komedo, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead). Komedo terbuka memiliki pori-pori yang tersumbat dengan minyak dan sel kulit mati yang mengoksidasi dan menghasilkan warna hitam. Komedo tertutup terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, tetapi tidak teroksidasi sehingga tampak berwarna putih atau kulit berdaging.

BACA JUGA:Muka Jerawatan? Coba Oleskan Madu

2. Jerawat papula: Jerawat papula adalah jerawat yang meradang dan tampak sebagai benjolan kecil, merah, dan sensitif di permukaan kulit. Mereka tidak memiliki kepala putih atau hitam.

3. Jerawat pustula: Jerawat pustula serupa dengan jerawat papula, tetapi memiliki pus (nanah) di dalamnya. Mereka tampak sebagai benjolan merah dengan pus di pusatnya dan seringkali terasa sakit atau sensitif.

4. Jerawat nodul: Jerawat nodul adalah bentuk jerawat yang lebih besar dan terasa keras. Mereka tumbuh di dalam kulit dan bisa sangat meradang. Jerawat nodul cenderung menyebabkan rasa sakit dan dapat meninggalkan bekas luka atau bopeng.

5. Jerawat kista: Jerawat kista adalah jenis jerawat yang paling parah dan meradang. Mereka tumbuh di dalam kulit dan terasa sangat sakit. Jerawat kista seringkali berisi nanah dan dapat meninggalkan bekas luka yang parah.

BACA JUGA:Sebaiknya Dihindari, Konsumsi Makanan Ini Beresiko Timbulkan Jerawat

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: