Sebaiknya Dihindari, Konsumsi Makanan Ini Beresiko Timbulkan Jerawat

Sebaiknya Dihindari, Konsumsi Makanan Ini Beresiko Timbulkan Jerawat

ilustrasi jerawat----

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Kondisi kulit pada manusia memang beragam. Kulit yang sehat terutama di bagian wajah menjadi impian setiap orang. Namun seringkali kita tidak bisa menghindari gangguan pada kulit wajah, salah satunya jerawat. Banyak hal yang memengaruhi timbulnya jerawat termasuk produksi sebum dan keratin, juga makanan yang dikonsumsi.

Selain  itu jerawat juga bisa disebabkan oleh hormon, pori-pori tersumbat dan peradangan.

Hubungan antara diet dan jerawat telah menjadi kontroversi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet dapat memainkan peran penting dalam perkembangan jerawat.

Melansir dari laman Heathline, berikut 3 jenis makanan yang harus dihindari jika tak ingin jerawat timbul.

Produk susu

Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara produk susu dan keparahan jerawat pada remaja.

Dua penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa muda yang rutin mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih mungkin menderita jerawat. Namun, penelitian yang dilakukan sejauh ini belum berkualitas tinggi.

Penelitian sampai saat ini difokuskan terutama pada remaja dan dewasa muda dan hanya menunjukkan korelasi antara susu dan jerawat, bukan hubungan sebab dan akibat.

Belum jelas bagaimana susu dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat, tetapi ada beberapa teori yang diajukan

Makanan cepat saji

Jerawat sangat terkait dengan makan makanan gaya Barat yang kaya kalori, lemak dan karbohidrat olahan.

Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake, adalah makanan utama khas Barat dan dapat meningkatkan risiko jerawat.

Satu studi terhadap lebih dari 5 ribu remaja dan dewasa muda Cina menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko 43 persen terkena jerawat.

Secara teratur makan makanan cepat saji meningkatkan risiko sebesar 17 persen.

Sebuah studi terpisah dari 2.300 pria Turki menemukan bahwa sering makan burger atau sosis dikaitkan dengan 24 persen peningkatan risiko terkena jerawat.

Cokelat

BACA JUGA:Tips dan Trik Hindari Diri dan Keluarga dari Asap Rokok

+++++

Cokelat telah dicurigai sebagai pemicu jerawat sejak tahun 1920-an, tetapi sejauh ini, belum ada konsensus yang tercapai

Beberapa survei informal telah mengaitkan makan cokelat dengan peningkatan risiko timbulnya jerawat, tetapi ini tidak cukup untuk membuktikan bahwa cokelat menyebabkan jerawat

Sebuah studi yang lebih baru menemukan bahwa pria yang rentan jerawat yang mengonsumsi 25 gram cokelat hitam 99% setiap hari mengalami peningkatan jumlah lesi jerawat setelah hanya dua minggu.

Sumber:

(edited)