Jerawat Tak Kunjung Hilang? Yuk Lakukan 5 Langkah Mudah Ini Agar Wajah Mulus dan Terbebas dari Jerawat

Jerawat Tak Kunjung Hilang? Yuk Lakukan 5 Langkah Mudah Ini Agar Wajah Mulus dan Terbebas dari Jerawat

Foto: Ilustrasi by Istock-Boyloso-istockphoto

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Jerawat merupakan permasalahan kulit yang umum untuk ditemukan, baik laki-laki maupun perempuan. 

Bagi sebagian orang, berjerawat merupakan kondisi yang sangat mengganggu dan bahkan sangat susah untuk disembuhkan.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya jerawat, diantaranya yaitu produksi sebum yang berlebihan, sel kulit mati yang menumpuk, hormon yang tidak stabil, paparan polusi udara serta gaya hidup juga mengambil peranan yang penting didalamnya.

BACA JUGA:Wajah Auto Glowing! Nih 5 Rekomendasi Facial Scrub untuk Angkat Sel Kulit Mati yang Menumpuk

Bagi kalian yang mengalami kondisi wajah berjerawat, perlu untuk memperhatikan hal-hal ini. Penasaran apa saja yang harus dilakukan? inilah 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir jerawat.

1. Kenali kulit Anda

Mengetahui jenis kulit Anda dapat membantu Anda menentukan produk mana yang harus digunakan dan dihindari. Anda dapat menggunakan parameter berikut untuk mengidentifikasi jenis kulit Anda:

  • Kering, Kulit Anda sering terasa terkelupas dan kencang.
  • Berminyak, Kulit Anda cenderung terlihat berkilau di penghujung hari.
  • Kombinasi, Anda memiliki area kering dan area berminyak. Area berminyak biasanya di area T-zone, atau dahi, hidung, dan dagu Anda.
  • Sensitif, Kulit Anda mudah bereaksi terhadap produk dan rentan terhadap ruam, perubahan warna, atau iritasi.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Sunscreen untuk Lindungi dari Paparan Sinar Matahari,Cocok Dipakai untuk Semua Jenis Kulit!

2. Menjaga kebersihan kulit

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan kulit berjerawat yaitu membersihkan kulit wajah dengan baik. Caranya yaitu dengan melakukan double cleansing, hindari memilih micellar water yang mengandung fragrance sehingga aman untuk digunakan untuk kulit sensitif dan aman untuk digunakan sehari-hari.

Selain itu, cuci wajah dengan teratur setidaknya dua kali dalam sehari dan pilihlah sabun cuci wajah yang gentle tidak mengandung fragrance dan alkohol. Penting juga untuk memilih sabun cuci wajah yang mengandung bahan aktif untuk mengurangi jerawat seperti  salicylic acid.

3. Tetap Terhidrasi

Jika kondisi kulit Anda kering, tubuh anda akan memberikan sinyal pada kelenjar minyak kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Penggunaan pelembab  tidak boleh dilewati untuk menjaga hidrasi kulit Anda, gunakan pelembab yang cocok untuk kondisi kulit berminyak agar dapat melembabkan tanpa menumpuknya minyak.

Pilihlah pelembab yang mengandung water-based atau berbahan dasar air yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi serta dapat digunakan sehari-hari. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi air mineral 8 gelas sehari.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: