Ramai Klaim Temuan Air Bisa Diubah Jadi Hidrogen, BRIN: Buktikan Secara Ilmiah

Ramai Klaim Temuan Air Bisa Diubah Jadi Hidrogen, BRIN: Buktikan Secara Ilmiah

Aryanto Misel: Penemu Nikuba yang Mengubah Air Menjadi Bahan Bakar Hidrogen-Tribun Jabar / Ahmad Imam Baehaqi -

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Laksana Tri Handoko, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menjelaskan bahwa BRIN tidak memiliki kewenangan untuk memberikan pengakuan terhadap suatu temuan.
 
"Bukan memberi pengakuan,” tegas Handoko, Kamis (6/7).
 
Namun, BRIN dapat memfasilitasi melalui Fasilitasi Inovasi Akar Rumput (FIAR) untuk membantu masyarakat yang memiliki ide inovasi.
 
Melalui fasilitas ini, BRIN mendorong para inventor atau inovator untuk membuktikan secara ilmiah temuan atau inovasinya agar dapat diterima oleh komunitas ilmiah terkait.
 
"BRIN mendorong inventor atau inovator untuk bisa membuktikan secara ilmiah,” lanjut Handoko.
 
 
Mulyanto, anggota Komisi VII DPR RI, meminta BRIN untuk memfasilitasi dan menguji kinerja inovasi Nikuba yang dikembangkan oleh Aryanto Misel.
 
"Akan baik sekali kalau pemerintah terus memfasilitasi temuan ini," kata Mulyanto, Kamis (6/7).
 
Mulyanto berpendapat bahwa BRIN perlu turun tangan untuk memverifikasi dan memvalidasi inovasi tersebut, terutama setelah disebut-sebut menarik perhatian petinggi otomotif di Italia.
 
Dia berharap jika inovasi tersebut terbukti berhasil, pemerintah dapat terus memfasilitasi dan mengomersialkannya dalam skala industri.
 
Mulyanto juga menekankan pentingnya BRIN dalam mendorong munculnya inovasi anak bangsa melalui berbagai program, serta memastikan bahwa temuan ilmiah tidak dipolitisasi dan dinilai secara obyektif oleh publik.
 
 
Dia menyebut bahwa BRIN, yang sekarang memiliki kemampuan dari BPPT untuk melakukan uji kinerja dan perhitungan keseimbangan energi, harus aktif dalam mendukung inovator dan menyelesaikan masalah seperti ini dengan baik.
 
Aryanto Misel, yang mengklaim sebagai penemu Nikuba, menjadi perbincangan publik setelah diundang ke Italia dan disebut mendapatkan kontrak setelah mempresentasikan inovasinya kepada petinggi perusahaan otomotif.
 
Nikuba adalah alat yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar untuk sepeda motor.
 
Alat ini memisahkan hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung dalam air (H2O), kemudian hidrogen tersebut dialirkan ke ruang pembakaran mesin kendaraan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: