Deklarasikan Pemilu 2024 Ramah Disabilitas, Putri Ariani: 'Kita Mampu dan Setara!'

Deklarasikan Pemilu 2024 Ramah Disabilitas, Putri Ariani: 'Kita Mampu dan Setara!'

putri ariani-@arianinismaputri-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Peserta ajang pencarian America's Got Talent 2023 asal Indonesia, Putri Ariani berkomentar mengenai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Penyanyi yang mendapatkan golden buzzer America's Got Talent itu berharap agar pelaksanaan Pemilu dapat ramah disabilitas.

Putri yang diketahui menyandang tuna netra itu berharap mendapatkan kesempatan yang sama dengan yang lainnya.

BACA JUGA:Lagu Loneliness Karya Putri Ariani Masuk Discover Disney Movie! Warga Filipina Sangat Berharap

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Deklarasi Pemilu Akses Ramah Disabilitas di Hotel Grand Syahid Jaya pada Kamis, 6 Juli 2023. Acara tersebut digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Komisi Nasional Disabilitas (KND), Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA), dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI).

Putri menegaskan bahwa semua pemilih memiliki hak yang setara.

"Putri cuma mau bilang, we are able (kita semua mampu), we are capable (kita semua sanggup), and we are equal (kita semua setara)," tutur Putri.

Dalam kesempatan tersebut, Putri berharap Pemilu 2024 dapat ramah disabilitas.

BACA JUGA:Banjir Pujian, Aksi Jokowi Perbaiki Mic Putri Ariani di Istana Merdeka Bikin Salfok Netizen: 'Belum Siap Ganti Presiden'

"Semoga 2024 nanti pemilunya ramah disabilitas dan sesuai sama deklarasi," ujar Putri.

Sebagaimana dijelaskan oleh Plh Ketua Bawaslu RI, Lolly Suhenti bahwa Pemilu 2024 menekankan konsep yang mementingkan aksesibilitas yang baik untuk disabilitas

"Pemilu ramah akses disabilitas adalah konsep yang menekankan pentingnya menyediakan aksesibilitas yang memadai bagi individu dengan disabilitas dalam proses pemilihan umum," kata Lolly Suhenti pada Kamis, 6 Juli 2023.

Adapun tujuannya adalah untuk memastikan bagi disabilitas dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2024.

"Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa semua warga negara, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau mental, dapat berpartisipasi sepenuhnya dalam pemilihan politik," jelas Lolly.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: