Libur Panjang dan Cuti Bersama Idul Adha 2023, Korlantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Antisipasi Kepadatan Arus Lalu Lintas

Libur Panjang dan Cuti Bersama Idul Adha 2023, Korlantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Antisipasi Kepadatan Arus Lalu Lintas

korlantas siapkan rekayasa lalu lintas libur hari raya idul adha [email protected]

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pemerintah telah memutuskan libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan peningkatan arus lalu lintas baik menuju Sumatera, Jawa, Bogor dan Bandung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, dia juga menyebut akan adanya pembatasan angkutan barang yang telah berjalan sejak 27 Juni 2023 dengan waktu yang telah ditetapkan. 

BACA JUGA:Menko PMK Muhadjir Effendy Tanggapi Soal Dirinya Masuk Bursa Cawapres Ganjar: 'Masih Fokus Sebagai Pembantu Presiden'

Aan Suhanan mengatakan bahwa beberapa pihak telah menyiapkan alternatif rekayasa lalu lintas di Jakarta Cikampek.

"Sesuai prediksi Jasa Marga, Kementerian Perhubungan ini ada peningkatan, dengan prediksi tersebut Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholder sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk rekayasa lalu lintas di Jakarta Cikampek sendiri," ucap Aan Suhanan di Gedung NTMC pada Rabu, 28 Juni 2023.

Menurut Aan, rekayasa lalu lintas contra flow akan dilakukan apabila kepadatan sudah diatas ambang yang telah ditetapkan.

"Apabila nanti arus lalu lintas PCR rasio sudah mendekati 0,8 akan dilakukan rekayasa lalu lintas Contra Flow satu lajur, dua lajur," ujar Aan.

BACA JUGA:Anak Indigo Terawang Akan Ada Artis Pedangdut Wanita yang Mengalami Sakit Akibat 'Diguna-guna': Diserang Bagian Kaki dan Leher!

Selain itu, pembatasan angkutan barang juga telah berlaku sejak 27 Juni 2023 yang berlaku mulai jam 4 pagi hingga 12 malam.

"Pembatasan terutama angkutan barang sumbu 3 ke atas pada tanggal 27 kemarin mulai jam 04.00 WIB sampai jam 00.00 WIB, kemudian hari ini mulai pukul 00.00 itu kita batasi untuk sumbu 3 ke atas," jelas Aan.

Aan juga mengungkapkan pembatasan angkutan barang akan dibatasi kembali saat arus balik pada tangal 2 Juli 2023.

"Kemudian pada saat kembali nanti pada tanggal 2 Juli 2023 hari Minggu juga akan melakukan pembatasan sumbu 3 ke atas di ruas jalan tertentu untuk kelancaran arus lalu lintas pada saat cuti bersama di Idul Adha tahun 2023," tuturnya.

BACA JUGA:Ken Setiawan Bongkar 'Ajaran Busuk' Panji Gumilang di Al Zaytun: Kalau Pulang Lepas Baju Lalu Di...

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: