Gus Baha Beberkan Cara Uang Haram Jadi Halal! Hanya Perlu Lakukan Hal Ini

Gus Baha Beberkan Cara Uang Haram Jadi Halal! Hanya Perlu Lakukan Hal Ini

--istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Gus Baha, seorang ulama muda yang sangat dinantikan ceramahnya, akan menjelaskan tentang cara mengubah uang haram menjadi halal. Dalam setiap ceramahnya, Gus Baha menggunakan analisis dan logika yang sederhana sehingga pendengarnya dapat dengan mudah memahami isi ceramahnya. Selain itu, dia juga menyelipkan humor dalam ceramahnya agar tidak terkesan kaku dan mengantuk.

Salah satu prinsip yang ditekankan oleh Gus Baha adalah bahwa segala sesuatu harus dilihat dengan sudut pandang halal dan haram. Dalam mencari nafkah, umat Islam diwajibkan untuk bekerja dalam jalan yang halal. Rezeki yang diperoleh secara halal akan menjadi berkah dan memberikan ketentraman hidup. Namun, menurut Gus Baha, rezeki yang haram dapat diubah menjadi halal dengan cara yang sesuai dengan syariat Islam.

Salah satu contoh yang pernah disampaikan oleh Gus Baha adalah tentang uang haram yang berasal dari orang yang melakukan perbuatan maksiat, seperti minum dan berselingkuh. Jika orang tersebut memberikan salam dan memberi uang sebesar Rp 200 ribu, jika uang tersebut dikembalikan kepadanya, dia akan menggunakannya kembali untuk perbuatan maksiat.

Namun, jika uang tersebut digunakan atau diberikan kepada fakir miskin atau masjid, orang tersebut tidak akan mengerti bahwa uang tersebut berasal dari perbuatan maksiat, dan uang tersebut menjadi halal karena digunakan untuk kebutuhan mendesak.

BACA JUGA:HAH? Mahfud MD Sebut Orang-orang yang Memproduksi Sambal Ganja Tak Bisa Dihukum, Ini Alasannya

Namun, jika uang yang diberikan oleh orang yang melakukan perbuatan maksiat tersebut digunakan untuk keperluan pribadi, maka uang tersebut tetap haram. Karena penggunaannya tidak mendesak. Gus Baha menyarankan kepada umat Muslim bahwa jika ingin memiliki anak yang berilmu, makanan yang mereka berikan kepada anak-anak haruslah berasal dari hasil kerja keras mereka sendiri.

Dalam hal penggunaan uang haram yang diperoleh dari pekerjaan yang haram, Syekh Dr. Muhammad Abdul Sami dari Komisi Fatwa Lembaga Fatwa Darul Ifta di Mesir menjelaskan bahwa segala sesuatu yang berasal dari yang dilarang tidak boleh digunakan.

 

Pentingnya menelusuri kehalalan makanan di berbagai tempat juga ditekankan dalam hadis. Penggunaan uang haram juga dianggap sebagai salah satu faktor utama kerusakan dalam masyarakat. Oleh karena itu, seorang Muslim yang cerdas harus segera meninggalkan sifat-sifat tercela tersebut, bertaubat, dan kembali kepada Allah SWT.

 

15 Cara Membersihkan Uang Haram

Nah hal tersebut berkaitan dengan pembahasan kali ini, yakni 15 cara membersihkan harta haram. Barangkali ada yang dulunya seorang pencuri dan lainnya dan ingin melepaskan dari jeratan harta haram tersebut, ada beragam cara berikut yang bisa dilakukan, yakni.

1. Menghancurkan Harta Haram

Sahabat Anas ibn Malik Radhiyallahu anhu mengisahkan bahwa sahabat Abu Talhah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam perihal beberapa orang yang menyantuni anak yatim yang menerima warisan berupa khamar. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: