Isu Perang Lawan AS, China Respons dengan Bijak: Perang antara China dan AS Akan Jadi Bencana Tak Tertahankan bagi Dunia

Isu Perang Lawan AS, China Respons dengan Bijak: Perang antara China dan AS Akan Jadi Bencana Tak Tertahankan bagi Dunia

Dok. Kemenhan RI--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Jenderal Li Shangfu, Menteri Pertahanan China, menyatakan bahwa perang dengan Amerika Serikat akan menjadi bencana yang tidak dapat ditanggung oleh dunia, dalam pidato besar pertamanya setelah menjabat.
 
Dalam pertemuan tingkat tinggi keamanan, Jenderal Li Shangfu menyatakan bahwa beberapa negara sedang meningkatkan perlombaan senjata di Asia.
 
Namun, ia juga menyatakan bahwa dunia cukup besar untuk China dan AS, dan kedua negara adidaya tersebut harus mencari titik temu.
 
"Namun, ini seharusnya tidak menghalangi kedua belah pihak untuk mencari titik temu dan kepentingan bersama untuk menumbuhkan hubungan bilateral dan memperdalam kerja sama,” paparnya. 
 
“Tidak dapat dimungkiri bahwa konflik atau konfrontasi yang parah antara China dan AS akan menjadi bencana yang tak tertahankan bagi dunia," kata Li dikutip dari Al Jazeera, Senin (5/6).
 
Sebelumnya, AS telah menuduh kapal perusak China melakukan manuver yang tidak aman di dekat kapal perang AS di Selat Taiwan.
 
Pada Sabtu (4/6), Angkatan Laut AS mengatakan bahwa sebuah kapal perusak China berlayar dengan cara yang tidak aman di dekat sebuah kapal perang Amerika ketika kapal-kapal tersebut berlayar melalui Selat Taiwan bersama kapal-kapal Kanada.
 
China mengkritik kedua negara tersebut karena disengaja memprovokasi risiko.
 
Sementara AS dan Kanada mengatakan bahwa mereka berlayar di wilayah yang diizinkan oleh hukum internasional.
 
Jenderal Li, yang menjadi Menteri Pertahanan pada Maret lalu, menuduh AS memiliki mentalitas perang Dingin yang meningkatkan risiko keamanan.
 
Dalam pidatonya, ia menyatakan bahwa China tidak akan membiarkan patroli angkatan laut oleh AS dan sekutunya menjadi dalih untuk melakukan hegemoni navigasi.
 
Ketika ditanya tentang insiden di Selat Taiwan, Jenderal Li mengatakan bahwa hanya negara-negara di luar kawasan yang meningkatkan ketegangan.
 
Pidato Jenderal Li disampaikan dalam Dialog Shangri-La di Singapura, pertemuan keamanan tahunan satu-satunya di kawasan Asia-Pasifik.
 
China telah menolak permintaan AS untuk pembicaraan militer langsung sebagai protes atas sanksi yang dijatuhkan oleh AS pada Jenderal Li pada tahun 2018 karena pembelian senjata dari Rusia.
 
Selama KTT Singapura, Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengecam China karena menolak melakukan diskusi militer.
 
Meskipun Gen Austin dan Gen Li berjabat tangan dan berbicara singkat dalam acara makan malam pembukaan, tidak ada pertukaran substantif yang terjadi, menurut laporan.
 
Salah satu delegasi China menyatakan kepada AFP bahwa pencabutan sanksi AS terhadap Jenderal Li menjadi prasyarat bagi pembicaraan.
 
Pejabat intelijen senior hadir dalam pertemuan kepala mata-mata di KTT Singapura, seperti yang dilaporkan oleh Reuters.
 
Meskipun terdapat perselisihan diplomatik, seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS telah tiba di Beijing selama seminggu untuk melakukan pembicaraan yang luas.
 
Hubungan antara Washington dan Beijing telah tegang dalam beberapa tahun terakhir karena beberapa isu, termasuk klaim China atas Taiwan dan sengketa wilayah di Laut China Selatan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: