Begini Cara Menanam Cabai Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat, Cukup Gunakan Pot di Rumah

Begini Cara Menanam Cabai Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat, Cukup Gunakan Pot di Rumah

Foto: Ilustrasi by Pexels-Lum3n-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Orang Indonesia termasuk penyuka makanan pedas, bahkan banyak orang Indonesia yang mengaku merasa makanannya kurang mantap jika tidak ada rasa pedas.

Namun, belakangan ini harga cabai di pasaran terus mengalami kenaikan, hal ini tentu membuat orang Indonesia menjerit karena cabai sudah menjadi bahan wajib ada dalam setiap masakan.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menanamnya sendiri di rumah, dengan begitu dapat menekan pengeluaran untuk uang dapur.

BACA JUGA:Cara Merawat Bunga Anggrek Bagi Pemula, Bikin Tanaman Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga!

Lantas bagaimana cara merawat cabai agar subur dan berbuah lebat? dilansir dari beberapa sumber, berikut tipsnya.

1. Benih cabai yang berkualitas

Jika ingin mendaptkan benih cabai yang baik ialah yang sudah tua, berwarna merah menyala, masih segar, tidak keriput dan tangkainya masih berwarna hijau. Kemudian ambil biji cabai, rendam biji dalam air hangat selama satu jam.

Pilih biji yang tenggelam sebagai bibit, dan tiriskam di atas kertas. Kemudian jemur bibit cabai di bawah sinar matahari atau angin-anginkan hingga kering.

2. Media tanam

Media tanam dapat digunakan yaitu berupa campuran tanah, pasir, sekam, dan pupuk kandang (kompos) dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau 2 : 2 : 1. Syarat bagi media tanam yang dipilih yaitu harus gembur, subur, serta bebas dari hama dan penyakit.

3. Penyiraman dan pemupukkan secara berkala

Supaya dapat tumbuh subur maka tanaman cabe rawit memerlukan air yang cukup serta nutrisi perlu penyiraman dan pemupukan secara teratur. Lakukan penyiraman di pagi dengan air cucian beras dan sore hari dengan air biasa, lakukan secara teratur, dan berikan pupuk ke atas permukaan dekat akar tanaman sebanyak dua minggu sekali.

BACA JUGA:Cara Praktis Memilih dan Merawat Tanaman Hias di Perkarangan Terbatas, Nomor 1 Dipercayai Datangkan Rejeki Loh

4. Perawatan tanaman secara berkala

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: