Survei Indikator Politik Indonesia, Elektabilitas Ganjar Pranowo Mencapai 54,9 Persen Dipilih Oleh Pendukung Jokowi-Ma’ruf

Survei Indikator Politik Indonesia, Elektabilitas Ganjar Pranowo Mencapai 54,9 Persen Dipilih Oleh Pendukung Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas nama tokoh yang akan maju di Pilpres 2024 mendatang. 

Hasilnya mengatakan bahwa pemilih Jokowi dan Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu, mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

BACA JUGA:Survei IndoStrategi: Elektabilitas Prabowo Subianto Jauh Ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan!

Burhanuddin mengatakan bahwa Ganjar mendapat dukungan menjadi presiden di Pilpres 2024 mendatang sebanyak 54,9 persen oleh pemilih pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu.

"Sebagian besar memilih Pak Ganjar dengan 54,9 persen," kata Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring," ujar Burhanuddin, pada Kamis, 18 Mei 2023.

Sedangkan Prabowo Subianto memperoleh suara sebanyak 24,8 persen oleh oleh pemilih pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu. Sementara 7,1 persen tidak menjawab atau tidak tahu.

Lebih lanjut, Burhanuddin mengungkapkan elektabilitas pasangan Ganjar-Sandiaga memperoleh 37 persen suara. Sedangkan pasangan Prabowo-Erick sebanyak 34,3 persen dan Anies-Khofifah sebanyak 17,9 persen.

BACA JUGA:Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Subianto Ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

"Kalau Ganjar simulasi berpasangan dengan Sandiaga dapat 37 persen,” ujar Burhanuddin.

Sementara itu, elektabilitas Ganjar berada di posisi teratas dalam simulasi 19 nama dengan mencapai 29,3 persen. Sedangkan Prabowo mencapai 24,2 persen dan Anies Baswedan sebesar 15 persen.

Adapun, survei ini dilakukan oleh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Survei ini dilakukan sebanyak 83 persen dari total populasi nasional.

Pemilihan sampe dengan random digit dialing (RDD) sebanyak 1.290 responden. Survei tersebut memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2,9 persen.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: