Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Subianto Ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Subianto Ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Lembaga Survey and Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei elektabilitas nama tokoh yang akan maju di Pilpres 2024 mendatang. 

Hasilnya mengatakan Prabowo Subianto unggul daripada Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara mengatakan Prabowo Subianto masih berada unggul dengan 33,2 persen suara.

"33,2 persen responden masih konsisten menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo," ujar Igor Dirgantara, pada Senin 8 Mei 2023.

BACA JUGA:Survei LSI: Elektabilitas Ganjar Pranowo Terjun Bebas!

Kemudian ia mengatakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berada diposisi kedua, dan Anies Baswedan berada di posisi ketiga.

"menyusul Ganjar dengan 17,0 persen dan Anies dengan 16,6 persen," kata Igor Dirgantara.

Igor Dirgantara menjelaskan adanya perubahan hasil survei dari sebelumnya, ia menyebut dukungan ke Prabowo kian meningkat dari waktu ke waktu.

“Tren dukungan ke Prabowo tetap bertambah, sementara Ganjar dan Anies mengalami degradasi dukungan,” jelasnya.

BACA JUGA:Keras! Elektabilitas Anies Sempat Meroket, Loyalis Ganjar Bilang Cuma Ulah Survei Abal-abal yang Mau Menangkan 'Tukang Ngibul'

Adapun, survei SPIN dilakukan pada tanggal 27 April-4 Mei 2023 dengan total jumlah responden 1.230. Kriteria responden ada penduduk berusia 17 tahun keatas atau sudah pernah menikah.

Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi, dengan teknik sampel Random Digit Dialing (RDD) menggunakan Simple random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2,8 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui telepon/smartphone dengan kontrol kualitas 10 persen dari sampel.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: