SAH! Barcelona Juara LaLiga Musim 2022/2023!

SAH! Barcelona Juara LaLiga Musim 2022/2023!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Barcelona memastikan gelar juara LaLiga usai menang 4-2 dari Espanyol, Senin 15 Mei 2023 dini hari WIB. 

Empat gol Barca tercipta melalui dua gol Robert Lewandowski (11' dan 43'), Alejandro Balde (20'), serta Jules Kounde (53'). 

Sementara tim tuan rumah Espanyol hanya mampu mencetak dua gol lewat Javi Puado (73') dan Joselu (90+2'). 

BACA JUGA:Hasil Liga Inggris Arsenal vs Brighton: Tim Meriam London Dipermak Tim Tamu

Barca mendominasi kancah domestik, menempati puncak klasemen sejak matchday 13 sebelum memastikan gelar di musim debut legenda klub Xavi sebagai pelatih.

Klub penghuni Camp Nou itu hampir tidak bisa ditembus di LaLiga, hanya kebobolan 13 kali dalam 34 pertandingan untuk memegang rekor pertahanan terbaik di lima liga top Eropa.

Terlepas dari penampilan liga mereka yang luar biasa, musim ini hampir tidak mulus bagi Blaugrana. Mereka gagal total di Eropa, tersingkir dari Liga Champions di babak penyisihan grup dan kemudian tersisih dari Liga Europa di babak play-off sistem gugur melawan Manchester United.

Sementara itu, banyak masalah di luar lapangan yang menghambat. Mereka dikenai denda €15,7 juta (£14 juta/$17 juta) dari otoritas pajak Spanyol atas "penyimpangan" dalam pembayaran kepada para pemain. Barca sudah berada dalam posisi lemah secara finansial dan keadaan bisa menjadi lebih buruk karena mereka dapat dikenai sanksi atas pembayaran yang dilakukan kepada Jose Maria Enriquez Negreira, mantan wakil presiden Komite Teknis Wasit (CTA).

BACA JUGA:Alumni 212 Tolak Konser Coldplay, Netizen: Udah Diem Aja!

"Perasaan yang luar biasa, salah satu cara menyelesaikan pekerjaan dengan baik," kata pelatih Xavi Hernandez setelah laga. 

"Ini adalah 10 bulan kerja keras dan pengorbanan. Para penggemar pantas mendapatkannya. Para pemain juga. Ada juga upaya besar dari presiden untuk membangun skuat yang kuat," lanjutnya. 

Ini merupakan gelar ke-27 Blaugrana di Liga Spanyol dan yang pertama sejak tahun 2019, serta bagi Xavi sebagai pelatih sejak tahun 2021.

"Saya sangat senang. Sangat bangga memenangkan gelar LaLiga," lanjut Xavi. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: