5 Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami, Cukup Lakukan Hal Mudah Ini!

5 Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami, Cukup Lakukan Hal Mudah Ini!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ambeien atau wasir merupakan masalah kesehatan yang sangat umum terjadi.

Penyakit ini biasa terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah balik di area sekitar anus dan disebabkan karena adanya tekanan besar. 

Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi gangguan ambeien ini, yaitu mulai dari kebiasaan, cara alami, ataupun jalan medis yaitu dengan operasi ambeien.

BACA JUGA:Jangan Salah, Kekenyangan Bisa Bawa Pengaruh Buruk Loh, Begini Cara Mengatasinya dengan Cepat

Dilansir dari beberapa sumber, berikut langkah yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala ambien yang bisa dilakukan secara alami.

1. Berendam dengan air hangat

Berendam atau mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan ambeien karena mampu meningkatkan aliran darah dan dapat mengecilkan pembuluh darah yang membengkak. Caranya yaitu dengan berendam di dalam bathub atau duduk di ember yang berisi air hangat selama 15-20 menit, bila perlu tambahkan garam epsom untuk mengurangi sakit dan mengecilkan ambeien.

2. Hindari menunda dan mengejan saat buang air besar

Menunda BAB dapat membuat feses menjadi keras dan kering, sehingga dapat menyebabkan seseorang harus mengejan terlalu kuat. Mengejan terlalu kuat saat BAB nyatanya tidak baik untuk ambeien, kamu cukup menarik dan membuang nafas serta mengangkat kaki sedikit saat feses susah keluar dari anus. 

3. Rutin Berolahraga

Olahraga adalah salah satu kunci terpenting untuk kesehatan dan mampu mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya sembelit. Karena itu, dianjurkan berolahraga 20-30 menit sehari untuk merangsang perut dan membuat jadwal BAB teratur.

4. Konsumsi makanan berserat

Konsumsi makanan berserat bisa menjadi solusi untuk mengatasi ambeien agar tidak kambuh. Pada umumnya, ambien dapat kambuh karena tubuh kekurangan serat, maka dari itu konsumsilah makanan yang tinggi serat yaitu buah, sayur, nasi merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

BACA JUGA:5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Cuaca Panas, Bye-bye Kulit Kusam dan Kering!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: