PJ Gubernur DKI Heru Budi Tindak Tegas Pemulung di Jakarta: 'Kita Kembalikan!'

PJ Gubernur DKI Heru Budi Tindak Tegas Pemulung di Jakarta: 'Kita Kembalikan!'

Heru Budi Hartono mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan mulai mengganti kendaraan dinas menjadi kendaraan listrik mulai tahun 2023 mendatang-@herubudihartono-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartanto akan bertindak tegas terhadap pendatang di Ibu Kota yang berprofesi sebagai pemulung.

Heru Budi mengaku telah menemukan pendatang yang menjadi pemulung di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta pun langsung memulangkan pemulung tersebut ke daerah asalnya.

Lebih lanjut, Heru Budi mengatakan akan bekerjasama dengan Dinas Sosial setempat untuk mengedukasi dan memulangkan pemulung.

BACA JUGA:Jalani Operasi Potong Lambung, Melly Goeslaw Makan Nasi Hanya Satu Sendok: Kenyang Banget

"Ada juga yang beberapa waktu lalu ketemu ya kita pemulung segala macam. Kita kembalikan," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 27 April 2023.

Heru mengatakan pengembalian pendatang ke daerah asal ini merupakan bentuk kerja sama dari Dinas Sosial DKI Jakarta dengan daerah lain.

"Jadi kan nanti Dinas Sosial (DKI) kerja sama (dengan) Dinas Sosial kabupaten/kota setempat, ada juga yang beberapa waktu lalu ketemu ya kita pemulung segala macam kita kembalikan," tuturnya.

Sebelum memulangkan pendatang ke daerah asalnya, para pemulung akan diberi edukasi lalu kemudian dipulangkan.

"Ya kalau mereka artinya sebagai pemulung, sebagai apa yang di lampu merah itu, kira-kira itu (dipulangkan). Tapi kita edukasi kok, kita kumpulkan di Dinas Sosial kalau mereka mau pulang," lanjutnya.

BACA JUGA:5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Cuaca Panas, Bye-bye Kulit Kusam dan Kering!

Selain itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) akan bekerjasama dengan RT dan RW untuk memantau pendatang.

"Kan Dinas Dukcapil sudah ngumpulin RT/RW, memantau, dan mendata penduduk. Kan kita tidak bisa (melarang pendatang). Mereka kan punya hak untuk datang," imbuh Heru.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: