Waspada! Lihat 3 Penipuan Paling Sering di WhatsApp, Jangan Mudah Kegocek

Waspada! Lihat 3 Penipuan Paling Sering di WhatsApp, Jangan Mudah Kegocek

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Masyarakat dihimbau hati hati dalam penggunaan sosil media lantaran sering kali terjadi penipuan dan paling sering di Whatsapp.

Penipuan kini semakin canggih dan membuat keliru para masyarakat antara fakta atau penipuan.

Ada pun ciri ciri penipuan yang terjadi di Whatsapp antara lain yaitu :

BACA JUGA:Hotman Paris Janji Kasih Ida Dayak Miliaran Rupiah Demi Istri Sembuh, Benarkah? Ini Faktanya

1. Minta kode verifikasi

Kita sudah tahu bahwa kode verifikasi, atau OTP, adalah rahasia yang tidak boleh dibagikan ke orang lain. Tapi, ada modus penipuan baru di mana orang menghubungi kita via WhatsApp dan berpura-pura salah memasukkan nomor telepon waktu verifikasi sehingga 'OTP-nya terkirim ke nomor kita'.

2. Meniru orang terdekat

Modus lainnya adalah penipu akan berpura-pura menjadi orang lain dan meminta sejumlah uang sebagai bentuk bantuan. Contohnya, penipu akan berakting menjadi anak dari penerima pesan dan mengaku sedang dalam masalah sehingga butuh uang cepat.

BACA JUGA:Tak Merasa Takut, Istri Virgoun Ingin Temui Selingkuhan Suaminya: Jangan Pengecut!

3. Survei atau undian

Selanjutnya, penipuan yang sering terjadi adalah pesan yang menawarkan undian atau survei berhadiah uang atau barang berharga. Link yang nampak mencurigakan, apalagi dikirim dari nomor tidak terverifikasi, seharusnya sudah menjadi red flags.

Banyak dari kita tidak percaya bahwa ada orang yang akan tertipu dengan tiga modus penipuan di atas. Tapi itu terjadi pada ribuan orang setiap tahun, karena penipuan menjadi lebih canggih dan makin meyakinkan. Jadi, waspadalah

Sampai saat ini juga marak penipuan mengenai pengurasan m banking melalui Whatsapp.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: