Jangan Kegocek! Simak Cara Hindari Penipuan Melalui QRIS

Jangan Kegocek! Simak Cara Hindari Penipuan Melalui QRIS

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Baru baru ini QRIS menjadi salah satu cara sebagai alat penipuan dalam transaksi uang.

Belum lama ini diberitakan ada seseorang yang mengganti QRIS masjid menjadi QRIS pribadi yang uangnya masuk ke dalam rekening penipu tersebut.

QRIS merupakan alat pembayaran digital menggunakan scan QR Code atau barcode yang dapat dikenali atau dibaca oleh penyelenggara jasa sistem pembayaran. 

BACA JUGA:BACA! Anjuran Kominfo: Pemudik Jangan Nonton YouTube di Rest Area!

Lalu, bagaimana sih caranya agar kita tidak tertipu saat melakukan pembayaran menggunakan QRIS? Yuk simak caranya.

1. Pastikan sumber jelas

Pastikan nama yang tercantum dalam aplikasi memang benar pedagang atau merchant yang menerima pembayaran sesuai tujuan transaksi. Usahakan jangan memindai kode QR dari sumber yang mencurigakan. Kamu bisa menanyakan ke penanggung jawab/pedagang/merchant untuk keaslinan QR.

2. Perhatikan tujuan

BACA JUGA:Cek Cara Paling Mudah Download Video di Facebook Cepat dan Gratis

Sebelum melakukan transaksi, kamu bisa ikuti petunjuk pembayaran yang dimiliki oleh pedagang atau merchant, serta perhatikan tujuan pembayaran seperti nama akun dan kode. Tetap waspada apabila ada URL yang dipersingkat karena barcode QRIS tidak memiliki alasan kuat untuk mempersingkat tautan.

3.Periksa fisik QR Code

Pastikan pemeriksaan fisik cepat sebelum memindai barcode QRIS yang tertera pada stiker untuk memastikan kode yang ditempelkan adalah stiker asli. Lalu, gunakan QR Scanner atau aplikasi untuk memeriksa kode QR berbahaya dan memiliki kejanggalan.

Apabila informasi transaksi tidak sesuai dengan tujuan pembayaran, usahakan untuk tidak melakukan transaksi tersebut. Modus penipuan ini sudah banyak terjadi. Oleh karena itu, kita perlu jeli untuk melakukan transaksi dengan menggunakan pemindaian kode tersebut. Majunya sebuah teknologi tidak lepas dari oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan keuntungan sendiri. 

BACA JUGA:Ayo Dicatat Jadwalnya! Open Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Mulai Bulan Mei 2023

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: