BACA! Anjuran Kominfo: Pemudik Jangan Nonton YouTube di Rest Area!

BACA! Anjuran Kominfo: Pemudik Jangan Nonton YouTube di Rest Area!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID -  Kominfo memberikan anjuran untuk para pemudik agar tidak menonton Youtube saat sedang berada di rest area.

Hal ini juga bermanfaat bagi keselamatan dan juga mengehmat internet bagi para pemudik.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, Ismail.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Bulog Masih Salurkan Bantuan Pangan Beras Sampai H-1 Lebaran

Ismail menjelaskan bahwa saat arus mudik lebaran berlangsung, kebutuhan akan akses internet begitu tinggi sehingga menimbulkan lonjakan trafik data pada satu waktu bersamaan.

Maka dari itu, masyarakat diimbau agar tidak menggunakan layanan internet untuk hiburan, seperti nonton YouTube, karena itu akan mengkonsumsi bandwidth yang cukup tinggi.

"Pada prinsipnya jaringan telekomunikasi juga sejalan dengan trafik orang. Kalau orangnya banyak berkumpul di satu tempat dan biasanya itu adanya lonjakan di kota besar, makanya trafik di sana prioritas. Tapi, bukan berati (dengan ada mudik) tinggalkan kota sedang dan kota kecil," tutur Ismail dikutip dari YouTube Kominfo Rabu, 19 April 2023.

Mengingat penggunaan layanan internet begitu masif di musim mudik, Kominfo mengimbau agar masyarakat bisa dengan bijak ketika ingin berselancar di dunia maya.

BACA JUGA:YES! Pemilik BPJS Kesehatan KIS Tipe Ini Dapat Bansos PKH Rp1,5 Juta Ini Syaratnya!

"Ya, kalau kebijakan, tentu kita selalu ingin agar masyarakat memanfaatkan telekomunikasi secara bijak. Jadi, kebijakan kita, tolonglah melakukan komunikasi dengan bijak," kata Ismail.

"Artinya, tidak usahlah terlalu memaksakan, misalnya akses yang tidak perlu pada jam-jam atau kondisi sedang di daerah padat, seperti rest area, yang dipaksakan nonton YouTube. Mungkin kita bisa berhenti sejenak, karena saudara-saudara kita sama-sama memerlukan akses. Manfaatkan kuota kita itu hal-hal yang lebih produktif, untuk komunikasi, darurat, dan sebagainya, karena yang sifatnya hiburan bisa tunda nanti kalau sampai tujuan," sambungnya.

Pada arus mudik lebaran kali ini, Kominfo memperkirakan terjadi lonjakan trafik 11-36% jika dibandingkan hari normal. Segala pemantauan kesiapan jaringan dan penambahan kapasitas terus dilakukan Kominfo dan operator seluler.

Sebagaimana diketahui, arus mudik tahun ini mengalami kenaikan yang sangat parah karna tidak ada lagi pemberlakuan PPKM.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: