Ternyata Ini Penyebabnya yang Membuat Pekerja Belum Mendapatkan THR!

Ternyata Ini Penyebabnya yang Membuat Pekerja Belum Mendapatkan THR!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ternyata hingga saat ini maasih ada beberapa pekerja yang belum juga mendapatkan THR pada umumnya.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan hingga saat ini setidaknya tercatat ada lebih dari 10.000 buruh yang belum mendapatkan THR sesuai ketentuan.

Lama cairnya THR ini memiliki seribu banyak alasan mengapa belum juga cair hingga saat ini.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Bulog Masih Salurkan Bantuan Pangan Beras Sampai H-1 Lebaran

"Partai buruh dan organisasi serikat buruh yang sudah mendirikan posko orange mencatat ada lebih dari 10.000 buruh yang tidak dibayar THR dengan berbagai alasan," kata Said di Jakarta Rabu, 19 April 2023.

Tercatat puluhan ribu buruh yang belum menerima THR ini berasal dari 150 perusahaan yang tersebar di seluruh pulau Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, hingga Maluku dan Papua.

Padahal THR adalah suatu bonus yang sangat ditunggu tunggu bagi para pekerja menjelang lebaran tahun 2023 ini.

Tak hanya itu, Said juga menjelaskan setidaknya ada 4 alasan kenapa perusahaan-perusahaan tersebut tidak membayarkan THR kepada para pekerjanya. Salah satunya disebabkan oleh ada PHK yang dikarenakan kasus industrial.

BACA JUGA:YES! Pemilik BPJS Kesehatan KIS Tipe Ini Dapat Bansos PKH Rp1,5 Juta Ini Syaratnya!

"Di antara 150 perusahaan yang jumlahnya (pekerja yang belum dapat THR) hampir 10.000 itu, memang ada yang dari mulai Januari 2023 bahkan ada yang tahun 2022 kasus PHK-nya belum selesai. Belum ada inkrah keputusan PHK," kata Said.

"Dia memang sudah ada kasus PHK, seharusnya kalau mengikut aturannya menteri tetap dibayar THR-nya. Karena belum ada inkrah keputusan PHK," jelasnya lagi.

Kemudian untuk alasan kedua, sejumlah perusahaan dinilai telah melakukan pemecatan terhadap karyawan kontrak ataupun outsourcing miliknya sejak H-30 sebelum Hari Raya Keagamaan guna menghindari pembayaran THR. Menurutnya ini merupakan modus yang terjadi setiap tahun untuk menghindari pembayaran THR.

"H-30 (Hari Raya Idul Fitri) karyawan kontrak dipecat semua. Karyawan outsourcing dipecat semua. H-30 supaya pengusaha tidak bayar THR karyawan kontrak dan outsourcing dipecat. Nanti habis lebaran dipanggil lagi," tutur Said.

BACA JUGA:Uang Kuno Diburu Para Kolektor, Wow Harganya Ada yang Sampai Rp 100 Juta!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: